Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Inisiasi Menyusu Dini (Studi Kasus di RSUD Kardinah Tegal)

Putri Lestari

Abstract


Latar Belakang : Cakupan ASI Eksklusif di Kota Tegal tahun 2012 cukup rendah, yaitu 38,9%. Hal ini salah satunya dapat disebabkan karena kegagalan IMD. Meskipun presentase IMD di RSUD Kardinah tahun 2013 sebesar 61,3%, namun hanya sebagian kecil bayi berhasil menyusu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kegagalan inisiasi menyusu dini.

Metode : Jenis penelitian observasional dengan desain kasus kontrol dan mixed method. Kelompok kasus adalah 40 ibu yang gagal melakukan IMD sedangkan kontrol adalah 40 ibu yang berhasil melakukan IMD. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data kuantitatif dengan observasi dan wawancara terstruktur, data kualitatif dengan indepth interview. Data kuantitatif dianalisis bivariat dengan chi square dan multivariat dengan regresi logistik berganda serta analisis kualitatif dengan content analysis. Hasil : Berdasarkan analisis bivariat, faktor risiko kegagalan IMD adalah usia ibu <20 atau >35 tahun (p=0,001), rendahnya pendidikan ibu (p= <0,0001), kurangnya penghasilan keluarga (p=0,030), tidak ada keluarga sebagai pendamping persalinan (p=0,007), kurangnya peran tenaga kesehatan (p=<0,0001), ketidakikutsertaan prenatal class (p=0,017), tidak mendapat informasi IMD (p=0,001), kurangnya pemahaman ibu tentang IMD (p=0,002). Berdasarkan analisis multivariat, faktor yang bersamasama mempengaruhi kegagalan IMD adalah kurangnya peran tenaga kesehatan (OR=6,1), kurangnya pemahaman ibu tentang IMD (OR=5,9) dan rendahnya pendidikan ibu (OR=3,9).

Hasil kualitatif menunjukan bahwa motivasi tenaga kesehatan meningkatkan kenyamanan dan keberhasilan IMD, pemahaman ibu dan keaktifan mencari informasi IMD membantu keberhasilan IMD.

Simpulan : Faktor risiko utama yang mempengaruhi kegagalan IMD adalah kurangnya peran tenaga kesehatan, kurangnya pemahaman ibu tentang IMD dan rendahnya pendidikan ibu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.