Efektivitas Fruit Frozen terhadap Keluhan Haus dan Mulut Kering pada Pasien CHF yang Menjalani Program Restriksi Cairan di Ruang UPJ RSUP Dr. Kariadi Semarang

Authors

  • Mukhlis Sujudi
  • Amin Zuhri
  • Ari Kusumantoro

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v2i3.189

Abstract

Latar belakang : Keadaaan hipervolemia pada pasien CHF akan meningkatkan kerja jantung dan meningkatkan tekanan hidrostatik yang pada akhirnya akan terjadi edema baik anasarka maupun edema paru. Penatalaksanaan pemberian kombinasi diuretik, ACE inhibitor dan beta-blocker akan meningkatkan rasa haus dan kekeringan pada mulut. Untuk mengatasi keluhan tersebut maka intervensi pemberian fruit frozen dipilih berdasarkan rekomendasi bahwa pasien dengan CHF dapat mengkonsumsi semua buah buahan dan sayuran segar. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas pemberian fruit frozen terhadap keluhan haus dan mulut kering pada pasien CHF yang menjalani program restriksi cairan.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian ini ialah one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien dengan diagnosa medis CHF NYHA II-IV di ruang ruang UPJ RSUP Dr. Kariadi Semarang dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu berjumlah 30 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah rasa haus dan mulut kering pasien sebelum dan setelah diberikan fruit frozen. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis statistik Wilcoxon dan T dependent/Paired T-test.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan bahwa ada efektivitas yang signifikan antara tingkat rasa haus dan mulut kering sebelum dan sesudah diberikan fruit frozen pada pasien CHF yang menjalani restriksi cairan dengan p=0,000 <± (0,05).

Simpulan : Berdasarkan hasil analisis statistik tersebut maka diharapkan perawat dapat melaksanakan dan meningkatkan kinerja dalam melakukan monitoring dan evaluasi program restriksi cairan dengan pemberian supporting therapy melalui pemberian fruit frozen secara berkelanjutan pada setiap pasien CHF yang menjalani program restriksi cairan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mukhlis Sujudi

Kepala Ruang UPJ

Amin Zuhri

Perawat Pelaksana Ruang UPJ

Ari Kusumantoro

Perawat Primer Ruang UPJ

Additional Files

Published

2017-09-16

How to Cite

1.
Sujudi M, Zuhri A, Kusumantoro A. Efektivitas Fruit Frozen terhadap Keluhan Haus dan Mulut Kering pada Pasien CHF yang Menjalani Program Restriksi Cairan di Ruang UPJ RSUP Dr. Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Sep. 16 [cited 2024 Mar. 28];2(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/189

Issue

Section

Original Article

Citation Check