Faktor-Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Kegagalan Inisiasi Menyusui Dini

Authors

  • Gatot Irawan S
  • Faiza Risty A.S
  • Kamilah Budhi R.

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i2.319

Abstract

Pendahuluan : Proses pemberian air susu ibu (ASI) segera setelah bayi lahir, 30 menit hingga satu jam setelah bayi lahir disebut Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Bayi dikatakan berhasil dalam melakukan IMD jika bayi dapat melekat dan dapat menyusu pada puting payudara ibu dalam 30 menit hingga satu jam pertama setelah lahir. Dan dikatakan gagal jika proses tersebut tidak dapat dilalui. Namun, tidak semua bayi dapat melalui proses ini.

Tujuan : Untuk menentukan faktor-faktor resiko yang mempengaruhi kegagalan inisiasi menyusu dini berdasarkan faktor maternal, neonatal dan persalinan.

Metode : penelitian case control, dilaksanakan di R.S. Dr. Kariadi, Semarang antara bulan Januari hingga Maret 2016.Faktor resiko yang diteliti adalah usia ibu saat melahirkan, keinginan untuk melakukan IMD, jumlah paritas, tingkat pendidikan ibu, dan usia gestasi sebagai faktor maternal, durasi persalinan kala II, warna cairan amnionsebagai faktor persalinan dan  berat badan lahir, skor Apgar yang sebagai faktor neonatal. Data diambil dari rekam medis pasien dan berdasarkan wawancara dengan orang tua yang dilakukan di bangsal perinatologi R.S. Dr. Kariadi.

Hasil : Subyek penlitian terdiri dari 60 bayi yang terdiri dari 30 bayi yang berhasil melakukan IMD sebagai grup kontrol dan 30 bayi yang gagal dalam melakukan IMD sebagai grup kasus. Pada penelitian ini 18,3% subyekdengan durasi persalinan kala II > 1 jam dan 81,7% subyekdengan durasi persalinan kala II ≤1 hour. Faktor Maternal dan neonatal tidak bermakna secara statistik sebagai faktor resiko yang mempengaruhi kegagalan IMD, tetapi faktor persalnan terutama durasi persalinan kala II lebih dari 1 jam merupakan faktor resiko yang bermakna terhadap kegagalan IMD (OR=6; 95% CI 1,030– 30,725, p=0,02).

Kesimpulan : Durasi persalinan kala II lebih dari 1 jam merupakan faktor resiko yang mempengaruhi kegagalan IMD.

Kata kunci : inisiasi dini, menyusu, air susu ibu

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-05-17

How to Cite

1.
Irawan S G, Risty A.S F, Budhi R. K. Faktor-Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Kegagalan Inisiasi Menyusui Dini. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 May 17 [cited 2024 Mar. 28];4(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/319

Issue

Section

Original Article

Citation Check