Sensitivitas Dan Spesifisitas Mdct Angiografi Dalam Mendiagnosis Aneurisma Intrakranial

Authors

  • Antonius Gunawan S
  • Heni Fatmawati

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i2.320

Abstract

Latar belakang: Deteksi yang cepat untuk menemukan  ruptur aneurisma intrakranial (AI) sangat penting karena ruptur AI menyebabkan  perdarahan subarahnoid (PSA) spontan yang merupakan kegawatan medis dan menyebabkan kematian atau kecacatan berat. Multidetector computed tomography angiography (MDCTA), sebagai alat diagnostik non invasif, telah digunakan secara luas dalam imaging pembuluh darah otak.

Tujuan: mengetahui kemampuan sensitivitas dan spesifisitas MDCTA untuk mendeteksi lokasi dan ukuran aneurisma intrakranial.

Metode: Studi cross-sectional pada pasien dengan dugaan aneurisma intrakranial yang telah dilakukan pemeriksaan MDCTA dan Digital Substraction Angiography (DSA) dari data rekam medik di RSUP Dr. Kariadi Semarang mulai Oktober 2012 – November 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive sampling. Dua orang dokter spesialis radiologi yang independen mengevaluasi hasil MDCTA dan DSA untuk menentukan lokasi dan ukuran aneurisma. Analisis statistik menggunakan sensitivitas dan spesifisitas.

Hasil: Penderita aneurisma intrakranial terbanyak berusia 40-60 tahun 73,7%, perempuan 78,9% dan 52,6% berukuran 3-7 mm serta 80,5% berlokasi di sirkulasi anterior. Sensitivitas MDCTA dalam mendeteksi aneurisma baik yang berukuran kurang dari 3 mm, 3-7 mm dan lebih dari 7 mm pada penelitian ini adalah 100, 100, 100 %, sedangkan nilai spesifisitas adalah 100, 100 dan 93,3%.

Kesimpulan: Penggunaan MDCTA untuk mendiagnosis aneurisma intrakranial mempunyai sensitivitas dan spesifisitas tinggi sehingga dapat menjadi pilihan pertama dalam tehnik imaging.

Kata kunci: Aneurisma intrakranial, MDCTA, sensitivitas, spesifisitas

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-05-17

How to Cite

1.
Gunawan S A, Fatmawati H. Sensitivitas Dan Spesifisitas Mdct Angiografi Dalam Mendiagnosis Aneurisma Intrakranial. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 May 17 [cited 2024 Apr. 20];4(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/320

Issue

Section

Original Article

Citation Check