Dampak Smartphone Dengan Kejadian Myopia Pada Anak Di TK Melati Sambiroto Semarang

Authors

  • Sri Suparti

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i2.322

Abstract

Latar belakang: Dengan adanya teknologi baru permainan tradisional berganti dengan bermain, belajar menggunakan Smartphone. Kebiasaan bermain atau belajar menggunakan smartphone  akan mengalami kelainan refraksi. Kelainan refraksi merupakan salah satu penyebab kebutaan dan hambatan penglihatan saat beraktivitas. Kelainan refraksi antara lain: Hipermetropia, Astigmatisma, Myopia.

Metode: Penelitian ini penelitian observasional analitik dengan menggunakan disain cross sectional .Sampel pada penelitian ini anak TK Melati Sambiroto Semarang sebanyak 42.  Pengambilan data dilakukan dengan pemeriksaan obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Lama penggunaan Smartphone  menunjukan prosentase (81.8%) lebih dari 2 jam /hari dengan (p=0.000). Genetik menunjukan prosentase (81.3%) mengalami myopia dengan (p=0.004).  Posisi penggunaan Smartphone  menunjukan prosentase (68.0%) tidak duduk tegak dengan (p=0.012)

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan bermakna  antara lama menggunakan smartphone dan faktor genetik dengan kejadian myopia. Posisi penggunaan Smartphone menunjukkan ada hubungan dengan kejadian myopia.

Kata Kunci: Anak, Smartphone, Myopia

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-05-17

How to Cite

1.
Suparti S. Dampak Smartphone Dengan Kejadian Myopia Pada Anak Di TK Melati Sambiroto Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 May 17 [cited 2024 Apr. 25];4(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/322

Issue

Section

Original Article

Citation Check