Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif oleh Staf di RSUP DR. Kariadi Semarang

Authors

  • Sri Rejeki
  • Erna Widyastuti
  • Farida Sukowati

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i2.323

Abstract

Berdasarkan Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2012 pencapaian ASI eksklusif nasional sebanyak 42%, angka tersebut jauh dari target yang diharapkan sebesar 80% (Kemenkes,2015). Salah satu hambatan tercapainya ASI eksklusif adalah saat ibu kembali bekerja.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik pemberian ASI eksklusif pada tenaga kesehatan di RSUP Dr.Kariadi Semarang.

Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr.Kariadi Semarang. Metode penelitian bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah tenaga kesehatan yang mempunyai anak umur 6-12 bulan. Tehnik pengambilan sampel dengan tehnik total sampling sejumlah 45 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.

 Analisis data univariat dan bivariat dengan menggunakan Chi Square dengan hasil analisis semua variabel yang diteliti nilai P > 0,05 sehingga tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, dukungan manajemen, dukungan rekan kerja dan fasilitas menyusui dengan praktik pemberian ASI eksklusif.

Dari hasil penelitian ini diharapkan tenaga kesehatan mengikuti kelas menyusui sehingga timbul kepercayaan diri dan motivasi yang tinggi untuk memberikan ASI eksklusif. Serta diharapkan RSUP Dr.Kariadi menyediakan fasilitas khusus menyusui yang sesuai standar dan membuat kebijakan yang mendukung ASI eksklusif untuk pegawainya.

Kata kunci : Pengetahuan ,Sikap, Dukungan Manajemen, Dukungan Rekan Kerja,   Fasilitas Khusus Menyusui, Praktik Pemberian ASI Eksklusif

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-05-17

How to Cite

1.
Rejeki S, Widyastuti E, Sukowati F. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif oleh Staf di RSUP DR. Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 May 17 [cited 2024 Mar. 28];4(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/323

Issue

Section

Original Article

Citation Check