Sistem Pendukung Konsep Diri Dan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara Di RSUP Dr Kariadi Semarang

Authors

  • Nurul Azizatunnisa
  • Ari Susilowati

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.345

Abstract

Latarbelakang :Kanker payudara dapat mempengaruhi konsep diri dan kualitas hidup pasien. Diperlukan sistem pendukung yang berasal dari sumber eksternal (dukungan keluarga) dan internal pasien. Dukungan keluarga akan membantu meningkatkan konsep diri pasien kanker payudara.Sumber internal pasien dapat berasal dari kelompok swabantu atau SelfHelp Group(SHG) yang beranggotakan pasien dengan jenis penyakit sama sehingga dapatsaling memotivasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan :Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendukung konsep diri dan kualitas hidup pasien kanker payudara di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode :Terdapat dua jenis penelitian kuantitatif dalam artikel ini,yaitu  desain penelitian kuantitatif non eksperimental metode crosssectional daneksperimental one group pre-test post-test design. Populasi dan sampel penelitian adalah pasien kanker payudara yang dirawat di RSUP Dr. Kariadi pada bulan Oktober - Desember 2014. Metode samplingyang digunakan adalah total sampling dan purpossivesampling. Instrumen ini terdiri dari empat kuesioner yang berisi data demografi, kuesioner konsep diri, kuesioner dukungan keluarga dan WHO-QoL BREFuntuk mengukurkualitas hidup pasien. Analisa data meliputi analisa univariat yang menggambarkan karakteristik responden dengan distribusi frekuensi serta analisa bivariat menggunakan uji RankSpearmandan Mann Whitney U.

Hasil :Hasil analisa data menggunakan RankSpearmen diperoleh nilai p = 0,000, p value< 0,05, maka ada hubungan antara dukungan keluarga dengan konsep diri pasien kanker payudara di RSUP dr Kariadi Semarang. Hasil penelitiandalam artikel ini juga menunjukkan bahwa 93,3% responden mengalami peningkatan pada domain fisik dan 100% mengalami peningkatan pada domain psikologis, hubungan sosial dan lingkungan.

Kesimpulan :Dengan demikian SHGberpengaruh terhadap kualitas hidup pasien kanker payudara di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

 

Kata Kunci : kanker payudara, sistem pendukung,konsep diri, kualitas hidup

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Azizatunnisa N, Susilowati A. Sistem Pendukung Konsep Diri Dan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara Di RSUP Dr Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Mar. 29];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/345

Issue

Section

Original Article

Citation Check