Seorang Anak Usia 6 Tahun Dengan Penyakit Castleman: Kasus Jarang

Authors

  • Dimas Tri Anantyo
  • Fadhlan Rahman

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.351

Abstract

Latar Belakang : Castleman's Disease (CD) adalah penyakit limfoproliferatif yang dapat terjadi secara lokal ataupun sistemik. Penegakan diagnosis baku emas dari CD diperoleh dari pemeriksaan histopatologis biopsi jaringan kelenjar getah bening. Pengobatan definitive dari CD masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Tujuan dari laporan ini, adalah untuk melaporkan satu kasus yang terjadi di Semarang dan melakukan diskusi terkait dengan kasus tersebut sehingga penanganan yang tepat dapat dimulai sesegera mungkin.

Kasus : Seorang anak lelaki berusia 6 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan utama timbul massa di daerah inguinal dan submandibular yang berkembang perlahan tanpa gejala.

Diskusi : Setahun sebelum terdiagnosis CD anak dikeluhkan teraba benjolan di selangkangan anak, benjolan dirasa membesar lambat, nyeri tekan, terfiksir dan warna jaringan sama dengan sekitarnya, keluhan juga disertai dengan demam yang terjadi hilang timbul.

Kesimpulan : Pasien yang didiagnosis Castleman Disease (CD) pada April 2017 pada usia 6 tahun 3 bulan dengan massa di daerah inguinal dan submandibular yang berkembang perlahan tanpa gejala. Perawatan dari CD masih dalam penelitian.

Kata Kunci : penyakit castleman, penyakit lymphoproliferative, massa lymph node

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Anantyo DT, Rahman F. Seorang Anak Usia 6 Tahun Dengan Penyakit Castleman: Kasus Jarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Mar. 29];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/351

Issue

Section

Original Article

Citation Check