Ventricular Septal Rupture Pasca Infark Miokard Akut : Diagnosis Dini dan Tatalaksana

Authors

  • Arjatya Pramadita Mangkoesoebroto
  • Safir Sungkar
  • Sugiri .
  • Sodiqur Rifqi

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.352

Abstract

Latar Belakang

Ventricular Septal Rupture (VSR)merupakan komplikasi berat dan langka pada Infark Miokard Akut (IMA) dengan angka mortalitas yang tinggi. VSR menyebabkan pirau kiri ke kanan, memiliki manifestasi klinik dari hemodinamik stabil hingga syok kardiogenik. Pembedahan merupakan terapi definitif, namun masih menjadi tantangan tersendiri karena tingkat mortalitas dan morbiditas yang tinggi.

Laporan Kasus

Seorang laki laki berusia 59 tahun datang ke Rumah Sakit dengan keluhan sesak napas sejak 3 minggu yang lalu dan didahului nyeri dada khas infark miokardsejak 5 minggu sebelumnya. Terdapat bising pansistolik derajat 3/6, harsh,pada apeks jantung. Elektrokardiogram menunjukan ST segmen elevasi , Q patologis dan T bifasik di lead anterior. Ekokardiografitampakinterventricular septal gap setinggi mid apikal diameter 10 mm pirau kiri ke kanan, regional wall motion abnormalities, dengan fraksi ejeksi 39%.Angiografi koroner didapatkan stenosis bermakna di left anterior descending dan right coronary artery. Pasien didiagnosa dengan VSR pasca IMA Elevasi Segmen ST lalu dirawat di ruang intensif untuk stabilisasi hemodinamik, serta direncanakan untuk dilakukan bedah VSR dan Bedah Pintas Arteri Koroner (BPAK)

Pembahasan

Penegakan diagnosis VSR secara dini, terutama pasca IMA bertujuan meningkatkan prognosis jangka panjang.Penutupan VSR merupakan tatalaksana defintif, namun tingkat kematian dini paska bedah yang tinggi merupakan tantangan tersendiri. Penundaan pembedahan VSR dianjurkan untuk meningkatkan stabilitas jaringan miokard. Pada kasus ini dilakukan stabilisasi hemodinamik dan penundaan pembedahan hingga direncanakan pembedahan VSR dan BPAK.

Kesimpulan

VSR merupakan komplikasi berat dan langka dari IMA, penegakan diagnosis disertai dengan tatalaksana yang tepat dapat mengurangi angka mortalitas dan morbiditas.

Kata kunci: ventrikular septal rupture, infark miokard, komplikasi mekanik, bedah jantung

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Mangkoesoebroto AP, Sungkar S, . S, Rifqi S. Ventricular Septal Rupture Pasca Infark Miokard Akut : Diagnosis Dini dan Tatalaksana. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Apr. 25];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/352

Issue

Section

Original Article

Citation Check