Masih dalam suasana pandemi Covid-19, yang sepertinya belum bisa berakhir dalam waktu dekat. Sejalan dengan kondisi ini, makin banyak penelitian dan hasil-hasilnya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia dan lingkungannya. Efek vaksin, penemuan strain virus baru, temuan-temuan yang berkaitan dengan penyakit penyerta, bahkan upaya dalam menemukan obat, setiap saat dapat kita ikuti perkembangannya. Semua itu tidak lepas dari suatu aktivitas yang kita sebut penelitian.

Penelitian tetap terus berjalan dan berkembang seperti yang termuat dalam Medica Hospitali: Journal of Clinical Medicine edisi kali ini. Penelitian pada hewan coba, juga dapat menghasilkan luaran yang berguna untuk dapat diterapkan pada penelitian selanjutnya pada manusia atau bahkan diterapkan langsung sebagai bentuk sarana diagnostik maupun terapeutik. Selama suatu penelitian dilakukan dalam kaidah-kaidah yang benar termasuk penerapan etika penelitian, hasil penelitian tersebut dapat dipakai sebagai suatu landasan teori, setidaknya menambah kekayaan kepustakaan bagi penelitian selanjutnya.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar tentunya menjadi standar penulisan persiapan dan laporan penelitian. Dalam beberapa artikel yang masuk ke meja editor, terdapat beberapa penulisan kalimat dalam bahas Indonesia yang masih memerlukan perbaikan. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan bahasa merupakan hal yang penting selain isi tulisan atau hasil penelitian itu sendiri. Terlebih apabila kalimat yang disadur berasal dari bahasa asing, memerlukan keterampilan dalam penulisannya agar tidak terjadi perbedaan pemahamanan dengan naskah aslinya.

Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada tiap penulis, pembimbing, dan para reviewer, yang selalu berusaha menyempurnakan tiap ide dan laporan penelitian. Selalu ada harapan bahwa tulisan ilmiah dalam bidang kedokteran semakin berkualitas.

Jayalah Indonesia.

 

Editor

Published: 2021-03-29

Original Article

Case Report