Gambaran Pasien dengan Disfagia di RSUP Dr. Kariadi Semarang Periode 01 Januari – 31 Desember 2014

Authors

  • Nancy Liwiksari
  • Dwi Antono

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.328

Abstract

Latar belakang :Kesulitan makan akibat gangguan dalam proses menelan dikenal dengan disfagia.Disfagia merupakan gejala dari berbagai penyebab berbeda.disfagia dibedakan menjadi disfagia orofaringeal dan disfagia esofagus. Sebagian besar pasien dengan keluhan disfagia mengeluhkan atau kesulitan menelan terutama pada fase orofaringeal.Studi penelitian tentang distribusi frekuensi pasien dengan disfagia di RSUP Dr. Kariadi Semarang belum pernah dilakukan.

Tujuan :Untuk mengetahuigambaran pasien dengan disfagia di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode :Studi penelitian deskriptif retrospektif. Data didapatkan dari rekam medik pasien dengan disfagia periode 01 Januari-31 Desember 2014.

Hasil : Total terdapat 68 pasien dengan disfagia.

Kesimpulan :Enam puluh delapan pasien dengan disfagia berjenis kelamin laki-laki adalah yang terbanyak dibandingkan perempuan dengan usia terbanyak di atas 45 tahun. Disfagia orofaringeal adalah yang terbanyak dibandingkan disfagia esofagus. Kemungkinan penyebab yang mendasari disfagia orofaringeal terbanyak karena kelainan neurologis dan kemungkinan peyebab yang mendasari disfagia esophagus terbanyak karena keganasan esofagus.

Kata kunci :Disfagia, disfagia orofaringeal, disfagia esofagus

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Liwiksari N, Antono D. Gambaran Pasien dengan Disfagia di RSUP Dr. Kariadi Semarang Periode 01 Januari – 31 Desember 2014. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 26];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/328

Issue

Section

Original Article

Citation Check