Current Issue

Vol 8 No 3 (2021): Med Hosp; Nov 2021

            Sejak paradigma akreditasi penerbitan jurnal jurnal ilmiah mulai dikembangkan, semakin banyak penulis yang mengirimkan artikel ke penerbit jurnal. Berdasarkan peraturan yang berlaku di Indonesia terkait dengan publikasi jurnal, jurnal ilmiah dapat dibagi menjadi 4 kelas, yakni jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi. Jurnal nasional terakreditasi adalah terbitan berkala ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau kepala LIPI dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai. Demikian pula halnya dengan Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine, sebagai jurnal nasional terakreditasi, terdapat banyak artikel yang berbobot masuk ke meja editor. Terlebih akhir-akhir ini diberlakukan Open Journal System (OJS), maka proses seleksi dan penerbitan artikel lebih mudah diikuti. OJS adalah platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online. OJS memungkinkan pengelola jurnal untuk migrasi dari sistem pengelolaan offline menjadi online. Mulai dari sebuah manuscript dikirim oleh penulis, proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal, semuanya bisa dilakukan dengan OJS. Oleh karena itu, di samping hemat karena bersifat paperless, penggunaan OJS juga sangat cocok untuk kondisi di Indonesia yang secara geografis sangat luas.

            Publikasi hasil penelitian di jurnal (terbitan berkala) ilmiah adalah salah satu segi penting dari kegiatan ilmiah; dengan dipublikasikan maka temuan yang dihasilkan akan dikenal kemudian disitasi oleh peneliti lainnya. Banyaknya jumlah sitasi akan memperlihatkan dampak dari suatu tulisan sehingga dengan meningkatnya sitasi setiap artikel akan memengaruhi mutu suatu jurnal. Itu sebabnya, Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine melakukan seleksi yang cukup ketat dalam menerbitkan artikel ilmiah. Bagaimanapun, jumlah naskah yang masuk dan persentase penolakan artikel, memperlihatkan seberapa tinggi jurnal tersebut diminati oleh komunitasnya dan proses penelaahan yang diterapkan oleh suatu jurnal.

            Pada edisi ini, memuat artikel-artikel yang mengedepankan perkembangan teknologi kedokteran dan kedalaman materi tulisan baik metode penelitian maupun konten ilmiah yang terdapat dalam artikel tersebut. Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum tuntas, penelitian tetap berjalan bahkan dapat mempertahankan kualitas penelitian itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa jiwa meneliti insan medis di Indonesia tetap tinggi dalam kondisi pandemi ini. Selanjutnya, hanya perlu sedikit waktu untuk menyusun artikel dan mengirimkan artikel tersebut untuk dipublikasikan. Selamat menyusun artikel.

Editor

Published: 2021-11-30

Original Article

Case Report

View All Issues

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine (P-ISSN: 2301-4369; e-ISSN: 2685-7898 ) is a scientific journal published by RSUP Dr Kariadi and accepts articles written in both English and Indonesian expected becoming a media conveying scientific inventions and innovations in medical or health allied fields toward practitioners and academicians.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine is regarding medical/health allied aspects which is clinical-based particularly hospital.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine is indexed at Google Scholar

DOI Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine : http://doi.org/10.36408/mhjcm