Evaluasi Pelatihan Ekstraksi Serumen Pada Dokter Layanan Primer

Authors

  • Bodro Prastowo
  • Muyassaroh .

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.329

Abstract

Latar belakang : Ekstraksi serumen merupakan prosedur yang dapat dilakukan dokter umum/dokter layanan primer. Diperkirakan sekitar 4% pasien dengan kasus serumen akan konsultasi ke dokter pelayanan primer. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi pelatihan ekstraksi serumen pada dokter layanan primer di wilayah Jawa tengah.

Metode : Penelitian deskriptif analitik menggunakan kuesioner diisi oleh dokter layanan primer yang pernah dilatih.

Hasil : subyek 128 dokter layanan primer dengan 109 (85,2%) mendapatkan kasus serumen 0-5 kasus setiap minggunya. Peningkatan prosentase keberhasilan ekstraksi serumen dari 14,1% menjadi 32% dan penurunan kasus yang dirujuk ke faskes tingkat 2 dari 32% menjadi 46,9% sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan (p<0,05).

Kesimpulan : Pelatihan ekstraksi serumen dapat meningkatkan keberhasilan penanganan ekstraksi serumen di dokter layanan primer dan penurunan kasus serumen yang dirujuk ke faskes tingkat 2.

Kata kunci : serumen, pelatihan ekstraksi serumen, dokter layanan primer

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Prastowo B, . M. Evaluasi Pelatihan Ekstraksi Serumen Pada Dokter Layanan Primer. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 19];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/329

Issue

Section

Original Article

Citation Check