Fungsi Ekstremitas Atas Anak Cerebral Palsy Yang Menggunakan Kursi Roda Di Wilayah Yogyakarta

Authors

  • Arip Susianto
  • Sri Hartini
  • Khaudazi Aulawi

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.333

Abstract

Latar Belakang: Cerebral palsy pada anak mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan dan kemampuan fungsi gerak anak. Fungsi gerak yang sering mengalami keterlambatan adalah ekstremitas khususnya ekstremitas atas. Kursi roda merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi ekstremitas atas pada anak cerebral palsy.

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran fungsi ekstremitas atas anak Cerebral palsy yang menggunakan kursi roda di wilayah Yogyakarta.

Metode: Penelitian dilakukan secara Cross sectional pada tanggal 24 November - 29 Desember 2010. Subyek penelitian adalah anak penderita cerebral palsy yang berumur antara 3 - 8 tahun yang mendapatkan kursi roda dari United Cerebral Palsy (UCP) dan tinggal di Wilayah Yogyakarta.Jumlah subyek penelitian berjumlah 37 anak diambil dengan accidental sampling.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan The Action Research Arm Test (ARAT).Data dianalisis per sub fungsi ekstremitas atas (memegang, menggenggam, mencubit, motorikkasar) dengan menggunakan analisis deskriptif dan bivariat.

Hasil: Gambaran fungsi ekstremitas atas termasuk dalam kategori baik sebanyak 21 (56.8%) dan kategori kurang sebanyak 16 (43,2%). Sub fungsi memegang mempunyai kategori baik sebesar 51,4%, menggenggam 48,6%,  mencubit 43,2%, dan motorik kasar 62,2%. Hasil uji statistik perbedaan rerata antara fungsi ekstremitas atas anak yang terdiagnosa kurang 1 tahun, 1 sampai 3 tahun, dan lebih 3 tahun (p = 0,046).

Kesimpulan: Sub fungsi motorik kasar mempunyai gambaran paling baik daripada sub fungsi memegang, menggenggam, dan mencubit. Terdapat perbedaan rerata secara bermakna antara fungsi ekstremitas atas anak cerebral palsy yang menggunkan kursi roda di wilayah Yogyakarta berdasarkan waktu terdiagnosa.

Kata Kunci: Cerebral palsy , Fungsi Ekstremitas Atas, Kursi Roda.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Susianto A, Hartini S, Aulawi K. Fungsi Ekstremitas Atas Anak Cerebral Palsy Yang Menggunakan Kursi Roda Di Wilayah Yogyakarta. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Mar. 28];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/333

Issue

Section

Original Article

Citation Check