Efek Antipiretika Jus Buah Mentimun (Cucumis Sativus L.) (Studi quasi eksperimentalpre-post designpada mencit yang diinduksi demam dengan penyuntikan vaksin DPT – Hb)

Authors

  • Matsrial Putra Rombetasik
  • Christin Rony Nayoan
  • Sulanto Saleh Danu

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.334

Abstract

Latar belakang :Penggunaan obat secara tradisional semakin disukai karena pada umumnya tidakmenimbulkan efek samping seperti halnya obat-obatan dari bahan kimia, dan terdapat banyak tanaman obat yang ada di Indonesia yang belum dimanfaatkan, misalnyaMentimun (Cucumis sativus L.)adalah salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antipiretik, kecantikan, memperlancar buang air kecil, mengobati pasien hipertensi, sariawan, tifus dan diare. Mentimun belum diteliti secara klinis.

Tujuan :Mengetahui efek antipiretik jus buah mentimun ( cucumis sativus L.) pada mencit yang diinduksi demam dengan penyuntikan vaksin DPT-Hb

Material dan metode : 55 ekor mencit diinduksi demam dengan menyuntikkan 0,3 mL vaksin DPT-Hb 240 menit sebelum percobaan dan diukur suhunya setiap 15 menit selama 120 menit.Secara random binatang percobaan dibagi 5 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 11 mencit (kelompok kontrol - demam tanpa perlakuan), aquadest (demam + air) dan 3 kelompok perlakuan dengan jus buah mentimun (Cucumis Sativus L.) dosis bertingkat yaitu 0.25 ml, 0.5 ml, dan 1 ml.Selama periode tersebut dilakukan pengukuran suhu per rektal secara berkala.

Hasil: Diperoleh nilai signifikansi antara kelompok kontrol dan aquadest lebih besar dari 0,05 (p>0.05) yang berarti aquadest tidak memiliki efek antipiretik. Sedangkan nilai signifikansi antara kelompok kontrol dengan pemberian jus buah mentimun dalam tiga dosis lebih kecil dari 0,05        (p < 0,05 ) yang berarti jus mentimun memiliki efek antipiretik.

Kesimpulan: jus buah mentimun memiliki efek antipiretik pada mencit yang diinduksi demam dengan penyuntikan vaksin DPT-Hb.

Kata kunci : antipiretik, vaksin DPT Hb, mencit, demam, jus buah mentimun    ( cucumis sativus L.)

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Rombetasik MP, Nayoan CR, Danu SS. Efek Antipiretika Jus Buah Mentimun (Cucumis Sativus L.) (Studi quasi eksperimentalpre-post designpada mencit yang diinduksi demam dengan penyuntikan vaksin DPT – Hb). Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 19];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/334

Issue

Section

Original Article

Citation Check