Pola Perlukaan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan

Authors

  • Raja Al Fath Al Fath Widya Iswara
  • Ratna Relawati
  • Intarniati Nur Rohmah

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.336

Abstract

Latar Belakang : Kekerasan terhadap anak (KtA) dan perempuan (KtP) mempunyai angka kejadian yang tinggi di Indonesia, dimana setiap tahunnya menunjukkan peningkatan yang signifikan. Upaya meningkatkan kemampuan pendeteksian korban KtA maupun KtP bagi para dokter adalah dengan mengetahui pola perlukaan pada kekerasan baik terhadap anak maupun perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perlukaan pada kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Metode: Penelitian deskriptif observasional dengan menggunakan data sekunder dari Rekam Medis korban kekerasan terhadap anak dan perempuan yang divisum di RS Bhayangkara Kota Semarang Periode Januari-Desember 2015.

Hasil :Kekerasan terhadap anak terbanyak pada anak laki-laki (72%), Usia terbanyak korban KtA adalah usia 6-10 tahun, sedangkan usia terbanyak pada KtP 26-35 tahun. Bentuk kekerasan terbanyak pada KtA maupun KtP adalah kekerasan Fisik dengan jenis kekerasan tumpul. Jenis luka terbanyak pada KtA adalah luka memar, sedangkan jenis luka terbanyak pada KtP adalah luka lecet. Jumlah luka terbanyak pada KtA maupun KtP sebanyak 2-5 buah. Lokasi luka terbanyak pada KtA laki-laki di wajah, KtA perempuan di Genital, sedangkan lokasi luka terbanyak pada KtP di wajah.

Simpulan :  Terdapat pola perlukaan yang khas pada korban kekerasan terhadap anak dan perempuanyaitulukaakibat kekerasan tumpul berupa luka memar dan luka lecet, tidak mematikan, multipel dan paling banyak di wajah.

Kata Kunci :Pola Perlukaan, Kekerasan, Anak, Perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Widya Iswara RAFAF, Relawati R, Rohmah IN. Pola Perlukaan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 25];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/336

Issue

Section

Original Article

Citation Check