Hubungan antara status gizi dengan kekuatan genggaman tangan pada anak-anak di pedesaan

Authors

  • Tri Sulistyarini
  • Aya Yoshimura
  • Moh. Syarofil Anam
  • Maria Mexitalia
  • Taro Yamauchi

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.337

Abstract

Latar belakang: Anak-anak di daerah pedesaan memiliki status gizi lebih rendah dibanding anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan, namun mereka tampak lebih aktif dan memiliki tingkat kesegaran jasmani lebih baik dibanding anak-anak perkotaan. Kekuatan genggaman tangan merupakan indikator kekuatan fisik secara keseluruhan, kekuatan tangan dan lengan dan merupakan indeks fungsional dari status gizi.

Tujuan : Mencari hubungan antara status gizi dengan kekuatan genggaman tangan pada anak yang tinggal di pedesaan.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian belah lintang yang dilakukan di SD dan SMP di Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada tahun 2009. Kriteria inklusi adalah anak sekolah usia 7-15 tahun, sehat, tidak menderita penyakit kronik, kelainan tulang dan otot, asma yang diinduksi latihan. Berat badan, tinggi badan dan indeks masa tubuh (IMT) diukur dengan teknik standar. Kekuatan genggaman tangan diukur dengan handgrip dynamometer mekanik. Hubungan antara status gizi dengan kekuatan genggaman tangan dianalisis dengan korelasi Spearman.

Hasil: Penelitian mengikutsertakan 80 anak laki-laki dan 80 anak perempuan usia 7-15 tahun. Kekuatan genggaman tangan tidak berbeda bermakna antara anak laki-laki dan perempuan (18,38 vs 17,21). Kekuatan genggaman tangan berkorelasi positif dengan usia (r = 0.768, p=0.000), dan status gizi, yaitu tinggi badan, berat badan dan IMT dengan koefisien korelasi masing-masing r = 0.842; 0.842 dan 0.638, p=0.000. Dari uji  regresi linear didapatkan bahwa variabel usia, berat badan dan IMT berpengaruh terhadap HGS (p < 0,05).

Simpulan: Status gizi berkorelasi positif dengan kekuatan genggaman tangan pada anak di daerah pedesaan.

Kata kunci: kekuatan genggaman tangan, status gizi, anak-anak

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Sulistyarini T, Yoshimura A, Anam MS, Mexitalia M, Yamauchi T. Hubungan antara status gizi dengan kekuatan genggaman tangan pada anak-anak di pedesaan. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 26];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/337

Issue

Section

Original Article

Citation Check