MultipelDural Arteriovenous Fistula (dAVF) sebagai komplikasiCerebral Venous Sinus Thrombosis (CVST) : Laporan Kasus

Authors

  • Vivi Kristiani
  • Yovita Andhitara
  • Rahmi Ardhini

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v4i3.340

Abstract

LATAR BELAKANG:Cerebral venous sinus thrombosis (CVST) adalah penyakit yang jarang dikenali sehingga terlambat ditangani dan mengakibatkan komplikasi.1,2Dural arteriovenous fistula (DAVF) adalah fistula yang menghubungkan cabang arteri dural dengan vena dural. DAVF salah satu komplikasi pada kasus CVSTkronis, yang jarang ditemukan dan memiliki resiko tinggi terjadinya defisit neurologis maupun kematian.3Digital Subtraction Angiography (DSA) merupakan gold standard diagnosis fistula.3,4 Tujuan dari studi kasus ini untuk mengetahui komplikasi CVST dan penegakkan diagnosis dengan DSA.

KASUS:Seorang wanita, usia 39 tahun dengan keluhan nyeri kepala kronis, pandangan mata kabur dan tinnitus telinga kiri selama 6 bulan. Pasien memiliki riwayat hipertensi dan penggunaan KB hormonal (pil esterogen). Pasien sadar penuh,disfungsi N II bilateral, motorik dan sensorik dalam batas normal. Pada pemeriksaan funduskopi didapatkan atrofi papil N II bilateral. Hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) didapatkan gambaran empty sella tursica, tak tampak infark, perdarahan maupun Space Occupying Lession(SOL) intrakranial. Hasil DSA menunjukkan trombus yang menyebabkan oklusi parsial pada sepertiga anterior Sinus Sagitalis Superior, Sinus Cavernosus kanan kiri, trombus yang menyebabkan oklusi total Sinus Sigmoideus kiri, dengandAVF intrakranial multipel, Cognard tipe I dan IIa. Pasien diterapi dengan antikoagulan (Class IIa;Level of Evidence B) dan diprogramkan embolisasi dAVF.

KESIMPULAN:Cephalgia kronis, tinnitus dan disfungsi N II bilateral merupakan gejala klinis dari CVST.DAVF sebagai komplikasi CVST kronis ditegakkan melalui pemeriksaan DSA, yang harus segera ditindaklanjuti untuk mencegah perburukan klinis.

Kata Kunci: cerebral venous sinus thrombosis, dural arteriovenous fistula, digital subtraction angiography

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2017-11-09

How to Cite

1.
Kristiani V, Andhitara Y, Ardhini R. MultipelDural Arteriovenous Fistula (dAVF) sebagai komplikasiCerebral Venous Sinus Thrombosis (CVST) : Laporan Kasus. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2017 Nov. 9 [cited 2024 Apr. 24];4(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/340

Issue

Section

Original Article

Citation Check