Hubungan Kadar Tsh Dan Ft4 Terhadap Koagulasi Darah Yang Dinilai Dengan Ppt Dan Pttk Pada Pasien Hipertiroid

Authors

  • Irenne .
  • Lisyani Budipradigdo Suromo

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.344

Abstract

Pendahuluan: Gangguan pada fungsi tiroid diketahui mempunyai pengaruh terhadap sistem koagulasi.Kondisi hipertiroid diamati mengalami peningkatan kadar von Willrbrand (vWF) dan fibrinogen. Penelitian mengenai hubungan thyroid stimulating hormone (TSH) dan free tetraiodothyronine (FT4) terhadap faktor koagulasi pada kondisi hipertiroid pernah diteliti tetapi terdapat perbedaan hasil dan terdapat kesenjangan antara teori dan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan TSH dan FT4 terhadap nilai plasma prothrombin time (PPT) dan partial thromboplastin time with kaolin (PTTK) pada pasien hipertiroid.

Metode : Empat puluh dua pasien hipertiroid yang memenuhi kriteria inklusi pada bulan Juni-Agustus 2016di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan belah lintang. TSH dan FT4diukur menggunakan metode ELFA, PPT dan PTTK diukur menggunakan alat hematologi analyzer. Uji normalitas Saphiro-Wilk test dan uji korelasi TSH, FT4, PPT, dan PTTK menggunakan Spearman test.

Hasil: Analisis korelasi terdapat hubungan bermakna antara kadar TSH dan PPT (p = 0.023; r = 0.35). Tidak terdapat hubungan bermakna antara kadar TSH dan FT4 (p = 0.908; r = -0.018), TSH dan PTTK (p = 0.165; r = 0.218), FT4 dan PPT (p = 0.164; r = 0.219), FT4 dan PTTK (p = 0.485; r = -0.111) pada pasien hipertiroid.

Simpulan: Terdapat hubungan positif lemah antara TSH dan PPT. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara TSH dan FT4, TSH dan PTTK, dan FT4 terhadap PPT dan PTTK. Dibutuhkan penelitian kohort pada pasien hipertiroid dengan terapi untuk membuktikan apakah hormon tiroid mempunyai hubungan dengan perubahan koagulasi.

 

Kata kunci

Hipertiroid, TSH, FT4, PPT, PTTK

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
. I, Suromo LB. Hubungan Kadar Tsh Dan Ft4 Terhadap Koagulasi Darah Yang Dinilai Dengan Ppt Dan Pttk Pada Pasien Hipertiroid. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Apr. 26];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/344

Issue

Section

Original Article

Citation Check