Hubungan Ratio Trigliserida/HDL-C Dengan HbA1c Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2

Authors

  • Obed Huger Nainggolan
  • Herniah Asti Wulanjani

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.348

Abstract

Latar belakang :Diabetes Melitus tipe 2 meliputi 90% dari semua populasi diabetes. Peningkatan prevalensi diabetes melitus dapatdisertaidengan peningkatan prevalensipenyakit kardiovaskuler. Salah satu faktor risiko terjadinya PJK pada DM tipe 2 adalah dyslipidemia. Dislipidemia adalah gangguan metabolisme lipid, dimana yang paling sering ditemukan adalah peningkatan kadar Trigliserida dan penurunan kadar HDL-C. Penelitianmenunjukan bahwa menurunkan HbA1c dapat menunda ataumencegahkomplikasi kronik.

Tujuan : Mengetahui hubungan ratio Trigliserida/HDL-C dengan HbA1c pada penderita DM tipe 2

Metode : Penelitian potong lintang pada rekam medik 59 pasien Diabetes Melitus tipe 2 di RSUP Dr.Kariadi. Kadar Profil Lipid terdiri dari Kolesterol Total, Trigliserida,  HDL-C, LDL-C  diperiksa dengan metoda kolometrik enzimatik,  kadar HbA1c dengan metoda  turbidimetri.

Hasil : Korelasi ratio Trigliserida /HDL-C dengan  kadar HbA1c adalah 0,152 (p = 0,250 yang menandakan bahwa ada hubungan yang positif namun tidak signifikan antara ratio Trigliserida/HDL-C dengan kadar HbA1c.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara ratio Trigliserida /HDL-C dengan kadar HbA1c.

Kata kunci : Trigliserida, HDL-C, HbA1c, DM tipe 2

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Nainggolan OH, Wulanjani HA. Hubungan Ratio Trigliserida/HDL-C Dengan HbA1c Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Apr. 19];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/348

Issue

Section

Original Article

Citation Check