Tatalaksana Non Intervensional Pasien Dengan Penyakit Meniere

Authors

  • Lidya Sabig
  • Muyassaroh .

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.350

Abstract

Pendahuluan: Penyakit Meniere adalah suatu sindrom yang terdiri dari serangan vertigo, tinnitus, berkurangnya pendengaran yang bersifat fluktuatif dan perasaan penuh di telinga. Prevanlensi mencapai 0.5-7.5/1000 di Inggris dan Swedia.

Tujuan: Untuk melaporkan tatalaksana non intervensional pasien dengan diagnosis penyakit meniere.

Laporan kasus: laki-laki berusia 53 tahun dengan diagnosis penyakit meniere, tatalaksana yang dilakukan adalah perbaikan gaya hidup, diet rendah garam, pemberian diuretik  HCT 25 mg/sehari dan latihan gerakan kepala secara bertahap. Evaluasi setelah dua bulan menunjukkan vertigo dan telinga berdenging dirasakan berkurang tetapi keluhan kurang pendengaran menetap.

Pembahasan: Penatalaksanaan non-intervensional penyakit Meniere meliputi perubahan gaya hidup, terapi medikamentosa dan rehabilitasi. Tatalaksana intervensional meliputi pembedahan dekompresi kantung endolimfatik, pemotongan saraf vestibular, labirinektomi, endolimfe shunt dan terapi tekanan denyut yang bila pengobatan medikamentosa tidak dapat menanggulangi vertigo. Pada pasien ini, tatalaksana meliputi perubahan gaya hidup meliputi pembatasan konsumsi kopi, diet rendah garam, pemberian diuretik HCT 25 mg/hari dan latihan gerakan kepala secara bertahap. Tindakan pembedahan belum perlu dilakukan karena tinitus dan vertigo berkurang dan terkompensasi dengan vestibular rehabilitation therapy.  

Kesimpulan: Penyakit meniere yang dilakukan tatalaksana non intervensional menunjukkan pengurangan keluhan vertigo dan tinitus namun tidak dengan kurang pendengaran.

Key word: Tatalaksana non intervensional, intervensional, penyakit meniere

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Sabig L, . M. Tatalaksana Non Intervensional Pasien Dengan Penyakit Meniere. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 Apr. 27];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/350

Issue

Section

Original Article

Citation Check