Perbaikan Kualitas Hidup Pasien Disfagia Orofaringeal

Authors

  • Nastiti Dwi Cahyani
  • Muyassaroh .

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v5i1.353

Abstract

Latar belakang: Disfagia merupakan gangguan transportasi atau asupan makanan dari mulut ke perut. Disfagia berdampak buruk pada kualitas hidup. Tujuan penulisan laporan kasus ini adalah mengetahui perbaikan kualitas hidup pasien disfagia orofaringeal setelah dilakukan latihan menelan

Laporan kasus: Dilaporkan seorang laki-laki usia 65 tahun dengan kesulitan menelan secara tiba-tiba. Pasien didiagnosis dengan disfagia orofaringeal et causa neurogenic (stroke), diprogramkan 8 kali terapi penelanan. Penilaian kualitas hidup dengan kuesioner Eating Assessment Tool (EAT-10) dilakukan sebelum dan setelah 4 kali terapi, didapatkan penurunan skor dari 39 menjadi 17.

Pembahasan : Disfagia adalah kondisi umum yang sering mengikuti berbagai kelainan neurogenik. Rehabilitasi penelanan dengan menggunakan neuromuscular electrical stimulus (NMES) dan oromotor exercise. Stimulasi NMES bertujuan memperkuat otot-otot menelan dengan merangsang jalur sensorik yang relevan. Oromotor exercise dilakukan dengan compensatory postural, thermal tactile stimulation, sensory enhancement. Penilaian kualitas hidup terkait disfagia orofaring dapat menggambarkan yang dirasakan seseorang dan interpretasi persepsi berbagai tahap perawatan. EAT-10 sebagai alat penilaian diri yang valid dan solid.

Kesimpulan :. Didapatkan perbaikan kualitas hidup pasien dengan disfagia orofaringeal et causa neurogenic setelah dilakukan 4 kali terapi.

Kata kunci : Disfagia orofaringeal, kualitas hidup, terapi penelanan, EAT-10

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2018-05-09

How to Cite

1.
Cahyani ND, . M. Perbaikan Kualitas Hidup Pasien Disfagia Orofaringeal. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2018 May 9 [cited 2024 May 8];5(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/353

Issue

Section

Original Article

Citation Check