Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pengetahuan dan Perilaku tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Cerebral Palsy

Relationship of Mother's Characteristics with Knowledge and Behavior about Oral Health in Children with Cerebral Palsy

Authors

  • Vellyta Fadhlina Loesiono Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Avina Anin Nasia Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
  • Diah Ajeng Purbaningrum Kelompok Staf Medik Gigi Mulut Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi Semarang, Indonesia
  • Nadia Hardini Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v9i2.703

Keywords:

Cerebral Palsy, Oral Health, Knowledge, Behaviors

Abstract

Latar belakang : Kesehatan anak masih rentan sehingga membutuhkan partisipasi ibu dalam kegiatan menjaga kesehatan umum maupun kesehatan gigi dan mulutnya, begitu juga anak cerebral palsy yang mengalami kelemahan pengendalian otot dan tingkat keparahan neurologis yang menyebabkan risiko penyakit oral. Kesehatan gigi dan mulut anak cerebral palsy mengandalkan kesadaran pengetahuan dan perilaku ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu dengan pengetahuan dan perilaku tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak cerebral palsy.

Metode : Penelitian menggunakan design belah lintang. Sampel diambil dengan total sampling didapatkan 30 ibu dari anak cerebral palsy berumur 1–17 tahun sesuai kriteria inklusi di Pediatric and Neurodevelopmental Therapy Centre Karanganyar Jawa Tengah. Data diambil pada bulan September hingga Oktober 2021. Pengambilan data dengan kuesioner yang berisi karakteristik responden dan masing-masing 16 pertanyaan pengetahuan dan perilaku tentang kesehatan gigi dan mulut. Data ditabulasi dan dianalisis menggunakan uji Chi Square.

Hasil : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan pengetahuan (p=0,444), sebaliknya terdapat hubungan signifikan antara usia dengan perilaku (p=0,024). Pendidikan dengan pengetahuan tidak terdapat hubungan yang signifikan (p=0,287), sedangkan terdapat hubungan antara pendidikan dengan perilaku (p=0,021). Hubungan pekerjaan dengan pengetahuan (p=0,033) dan perilaku (p=0,019) memiliki hasil yang signifikan. Status ekonomi dengan pengetahuan memiliki hubungan yang signifikan (p=0,012). Antara status ekonomi dengan perilaku tidak menunjukkan hasil yang signifikan (p=0.480). Pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku (p=0,011).

Simpulan : Usia dan tingkat pendidikan tidak berhubungan dengan pengetahuan, Usia dan tingkat pendidikan berhubungan dengan perilaku. Pekerjaan berhubungan dengan pengetahuan dan perilaku. Status ekonomi berhubungan dengan pengetahuan, tetapi tidak berhubungan dengan perilaku. Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Krishnan, L., Prabha, G., & Madankumar, P. D. (2019). Knowledge, attitude, and practice about oral health among mothers of children with special needs – A cross-sectional study. Journal of Dental Research and Review, 6(2), 39.

Abdat, M. (2018). Pengetahuan dan Sikap Ibu Mengenai Gigi Sulung Anaknya Serta Kemauan Melakukan Perawatan. Cakradonya Dental Journal, 10(1), 18–26.

Wyne, A. H., Al-Hammad, N. S., & Splieth, C. H. (2017). Oral health comprehension in parents of Saudi cerebral palsy children. The Saudi dental journal, 29(4), 156–160.

Yuniarly, E., Amalia, R., & Haryani, W. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar. Journal of Oral Health Care, 7(1), 01–08.

Sedky, N. A. (2018). Assessment of oral and dental health status in children with cerebral palsy: An exploratory study. International journal of health sciences, 12(1), 4.

Kusumah, M. Y. (2017). Pengalaman Ibu dalam Merawat Anak Cerebal Palsy di Kabupaten Sumedang. Sehat Masada, 11(2), 162–178.

Hamid, H. M., & Abuaffan, A. H. (2018). Parental Oral Health Knowledge, Attitude, Practice and Caries Status of Sudanese Cerebral Palsy Children.

I G A Ayu Dharmawati dan I Nyoman Wirata. Hubungan Tingkat Pendidikan, Umur, dan Masa Kerja dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Guru Penjaskes SD di Kecamatan Tampak Siring Gianyar. Jurnal Kesehatan Gigi. 2016: Vol. 4(1) ; hal. 1–5

Solehati, T., Ermiati, E., Trisyani, M., & Hermayanti, Y. (2017). Hubungan Sumber Informasi dan Usia Remaja Puteri dengan Perilaku Perawatan Diri saat Menstruasi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 5(2).

Gultom, D. M. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang Terjadinya Stomatitis pada Balita di Lingkungan I Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat

(JURKESMAS), 1(1), 65–73.

Notoatmodjo, S. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta. (2007)

Rakasiwi, L. S., & Kautsar, A. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Sosial Ekonomi terhadap Status Kesehatan Individu di Indonesia. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 5(2), 146–157.

Lubis, W. H., & Suppaya, S. R. (2016). Hubungan Status Ekonomi dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Kanker Rongga Mulut di Kotamadya Medan 2014. Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva, 5(1), 33–39.

Purwaningsih, P. P., & Sirat, N. I. (2016). Analisis Faktor Resiko yang Mempengaruhi Karies Gigi Pada Anak SD Kelas V–VI di Kelurahan Peguyangan Kangin. Analisis Faktor Resiko yang Mempengaruhi Karies Gigi Pada Anak SD Kelas V–VI Di Kelurahan Peguyangan Kangin, 4(1)

Marwiyah, N., & Dahlia, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Ibu Hamil di Poli KIA UPTD Puskesmas Citangkil Kota Cilegon. Jurnal Kesehatan, 7(1), 54–64

Additional Files

Published

2022-07-30

How to Cite

1.
Loesiono VF, Nasia AA, Purbaningrum DA, Hardini N. Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pengetahuan dan Perilaku tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Cerebral Palsy: Relationship of Mother’s Characteristics with Knowledge and Behavior about Oral Health in Children with Cerebral Palsy. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2022 Jul. 30 [cited 2024 May 3];9(2):130-6. Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/703

Issue

Section

Original Article

Citation Check