PENGARUH PEMBERIAN KETAMIN DOSIS 0,1, 0,2 DAN 0,4 mg/kgBB TERHADAP KADAR NITRIC OXIDE MAKROFAG MENCIT BALB/C YANG DIBERI LIPOPOLISAKARIDA

Authors

  • Sulung Prasetyo
  • Witjaksono -

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i1.32

Abstract

Latar belakang: NO (nitric oxide) memiliki peranan penting dalam patogenesis terjadinya hipotensi sistemik pada syok septik. Paparan endotoksin akan menyebabkan peningkatan aktivitas NOS dan pelepasan NO. Sitokin proinflamasi merupakan mediator inflamasi yang berpengaruh dalam peningkatan aktivitas NOS dan pelepasan NO. Ketamin merupakan obat anestesi yang seringkali digunakan untuk penderita sepsis, diduga menekan produksi sitokin proinflamasi akibat paparan endotoksin serta menghambat aktivasi NF-kB,sehingga pembentukan NO dapat dihambat. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian ketamin dosis 0,1;0,2 dan 0,4 mg/kg inravena terhadap kadar NO mencit yang diberi lipopolisakarida intraperitoneal.

Metode: merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan desain randomized post test only controlled group pada 20 ekor mencit Balb/c yang disuntik lipoplisakarida intraperitoneal dan Ketamin dosis 0,1 ; 0,2 dan 0,4 mg/kg intravena. Mencit dibagi menjadi 4 kelompok secara random, yaitu kelompok P1 sebagai kontrol, kelompok P2 yang mendapat ketamin 0,1 mg/kg, kelompok P3 yang mendapat ketamin 0,2 mg/kg, dan kelompok P4 yang mendapat ketamin dosis 0,4 mg/kg. Pemeriksaan NO diambil dari kultur makrofag intraperitoneal setelah 6 jam pemberian ketamin. Hasil dinilai dengan uji statistik parametrik ANOVA dan dilanjutkan Post hoc dengan derajat kemaknaan p<0,05.

Hasil: terdapat perbedaan kadar NO yang signifikan pada kelompok P2,P3 dan P4 dibanding P1 dengan p<0,001, P2 dibanding P3 dengan p=0,015 serta P2 dibanding P4 dengan p=0,002. Sedangkan antara kelompok P3 dibanding P4 tidak didapatkan perbedaan yang bermakna dengan p=0,402.

Simpulan: ketamin dapat menurunkan kadar NO makrofag intraperitoneal pada mencit yang terpapar LPS secara signifikan. Ketamin dosis 0,2 mg/kg intravena merupakan dosis optimal untuk menurunkan kadar NO makrofag intraperitoneal.

Kata kunci: lipopolisakarida, ketamin, nitric oxide (NO).

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-08

How to Cite

1.
Prasetyo S, - W. PENGARUH PEMBERIAN KETAMIN DOSIS 0,1, 0,2 DAN 0,4 mg/kgBB TERHADAP KADAR NITRIC OXIDE MAKROFAG MENCIT BALB/C YANG DIBERI LIPOPOLISAKARIDA. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 8 [cited 2024 Apr. 19];1(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/32

Issue

Section

Original Article

Citation Check