MEDICA HOSPITALIA

Penguasaan atas perkembangan teknologi kedokteran terkini, sudah semestinya menjadi tanggung jawab setiap praktisi kedokteran dan kesehatan. Untuk mengikuti proses penguasaan teknologi dan memperkuat keyakinan terhadap suatu prosedur atau regimen, diperlukan tinjauan berbasis bukti (Evidence Based Medicine / EBM) terhadap pelayanan yang telah dilakukan. Tantangan saat ini adalah sistem pencatatan dan pelaporan secara ilmiah yang dapat dianalisis secara sistematis dan benar dalam bentuk penelitian, belum banyak dilakukan oleh semua praktisi klinik. Disamping itu banyak penelitian yang telah dilakukan tidak disebarluaskan dalam bentuk publikasi ilmiah, sehingga tinjauan berbasis bukti terhadap penemuan baru di bidang kesehatan, tidak dapat dijadikan acuan oleh pusat pelayanan kesehatan lainnya.

Ranah penelitian dan pelayanan di rumah sakit masih terbuka lebar. Sampai saat ini sebagian besar penelitian di Indonesia masih berasal dari bidang kedokteran. Sedangkan publikasi di bidang keperawatan, farmasi, dan penunjang medik seperti radiologi, radioterapi, rehabilitasi medik, gizi klinik, laboratorium dan sterilisasi berbasis rumah sakit masih sangat terbatas. Dengan alasan tersebut RSUP Dr. Kariadi Semarang menerbitkan suatu jurnal klinik ilmiah “Medica Hospitalia” dengan perspektif pelayanan medik rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya, yang menerima naskah penelitian kedokteran dan kesehatan dari seluruh Indonesia, regional bahkan internasional. Medica Hospitalia menerima naskah penelitian dan laporan kasus dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Tema sentral pada edisi perdana ini adalah neuroscience. Tema ini dipilih karena kemajuan teknologi kedokteran terkini telah merambah pada terapi organ penting, yang pada masa lalu masih merupakan angan-angan. Terapi pembedahan otak pada kasus epilepsi, bukan hanya telah menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan disamping terapi medikamentosa, namun sekaligus merupakan unggulan pelayanan kedokteran di RSUP Dr Kariadi Semarang. Medical progress / review articles dan clinical practice adalah artikel pilihan editor yang selalu disesuaikan dengan tema sentral edisi penerbitan. Selain itu kami juga memperoleh banyak tulisan ilmiah dengan ide dasar yang brilian. Harapan kami dengan semakin banyak penelitian yang dilakukan dan dipublikasikan, akan mencerminkan tingginya mutu pelayanan dan penelitian berbasis bukti. Berkaitan dengan sangat bergunanya EBM dalam pelayanan kesehatan, setiap perkembangan yang didasarkan pada penelitian dengan validitas yang baik, tentunya dapat dijadikan sebagai pijakan dalam menentukan kebijakan pelayanan di rumah sakit. Perkembangan tersebut dapat ditemukan dalam bentuk tindakan diagnostik, terapi non bedah, serta prosedur klinik yang dapat memudahkan para klinisi untuk menentukan sikap yang paling tepat dalam pelayanan kepada pasien. Apapun bentuk perkembangan tersebut, akan meningkatkan performa suatu pelayanan khususnya di rumah sakit / pelayanan kesehatan dalam bidang promotif, preventif, kuratif, serta rehabilitatif.

Semoga jurnal semakin berkembang dan dapat dijadikan sebagai pijakan dalam menentukan kebijakan pelayanan di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya serta memperkuat penelitian berbasis klinik di Indonesia.

 

Editor

Published: 2012-05-31

Original Article