PERBEDAAN ANTARA PEMBERIAN EKSTRAK HERBAL (DAUN SALAM, JINTAN HITAM DAN DAUN SELEDRI) DENGAN ALLOPURINOL TERHADAP KADAR IL-6 DAN TNF SERUM PENDERITA HIPERURISEMIA

Authors

  • Dwi Ngestiningsih
  • Ira Widiastuti
  • Tri Wahyu
  • Suyanto Hadi
  • Bantar Suntoko

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i1.36

Abstract

Latar Belakang : Hiperurisemia akan memacu produksi sitokin proinflamasi  TNF-±, IL-1 dan IL-6, yang akan memacu penarikan lekosit ke daerah deposit kristal monosodium urat dan melipatgandakan respon inflamasi. Daun salam (Eugenia  polyantha), seledri (Apium graveolens) dan biji jinten hitam (Nigella sativa) dapat menurunkan respon inflamasi. Ketiga tanaman ini banyak di Indonesia namun sampai saat ini belum dilakukan uji klinik  pada manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah pemberian formula ekstrak herbal penurun asam urat dapat menurunkan kadar IL-6 dan TNF-± serum penderita hiperurisemia dibandingkan allopurinol.

Metode: Desain penelitian adalah double blind randomised clinical trial (RCT), dilaksanakan Februari–Desember 2007. Subyek penelitian adalah penderita hiperurisemia usia ³ 18 tahun yang berobat di poliklinik/rawat inap penyakit dalam dan geriatri RSUP Dr. Kariadi Semarang. Sampel dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelola. Dilakukan pemeriksaan kadar IL-6 dan TNF-± serum dengan cara ELISA sebelum dan setelah 4 minggu perlakuan.

Hasil: Sampel sebanyak 22 orang kelompok herbal dan 22 orang kelompok allopurinol. Rerata kadar IL-6 dan TNF-± awal kelompok herbal 214,58pg/dl dan 43,2 pg/dl sedangkan kelompok allopurinol 231,8pg/dl dan 32,6pg/dl. Rerata kadar IL-6 dan TNF-± akhir kelompok herbal 192,15 pg/dl dan  32,9pg/dl sedangkan kelompok allopurinol 203,8pg/dl dan 29,5pg/dl. Rerata delta kadar IL-6 dan TNF-α kelompok ekstrak herbal -22,43pg/dl dan -27,9pg/dl (p 0,887) sedangkan kelompok allopurinol 10,3pg/dl dan 3,10pg/dl (p 0,439).

Kesimpulan: Ekstrak herbal penurun asam urat dapat menurunkan kadar IL-6 dan TNF-± serum penderita hiperurisemia, tidak berbeda bermakna dibandingkan dengan pemberian allopurinol.

Kata kunci : IL-6,  TNF-±,  Eugenia  polyantha, Apium graveolens, Nigella sativa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dwi Ngestiningsih

Departemen / SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Ira Widiastuti

Departemen / SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Tri Wahyu

Departemen / SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Suyanto Hadi

Departemen / SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Bantar Suntoko

Departemen / SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNDIP / RSUP Dr. Kariadi Semarang

Additional Files

Published

2013-02-08

How to Cite

1.
Ngestiningsih D, Widiastuti I, Wahyu T, Hadi S, Suntoko B. PERBEDAAN ANTARA PEMBERIAN EKSTRAK HERBAL (DAUN SALAM, JINTAN HITAM DAN DAUN SELEDRI) DENGAN ALLOPURINOL TERHADAP KADAR IL-6 DAN TNF SERUM PENDERITA HIPERURISEMIA. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 8 [cited 2024 Mar. 29];1(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/36

Issue

Section

Original Article

Citation Check