Stress Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe-2 Dalam Melaksanakan Program Diet di Klinik Penyakit Dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang

Authors

  • Agus Widodo

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i1.41

Abstract

Latar belakang :Penerapan diet merupakan salah satu komponen penting dalam keberhasilan penatalaksanaan diabetes. Kedisiplinan dan kepatuhan penderita selama hidupnya dibutuhkan untuk menaati program diet yang dianjurkan guna membantu mempertahankan gula darah yang normal sehingga dapat mencegah komplikasi. Namun, lamanya waktu untuk mengikuti program diet dapat menimbulkan kejenuhan dan stres pada penderita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi stress yang timbul pada penderita diabetes melitus tipe-2 dalam melaksanakan program diet dan cara menangani stress ( koping ).

Metode : Jenis penelitian kualitatif dengan strategi riset menggunakan metode fenomonologi. Penelaahan masalah dilakukan dengan multi perspektif atau multi sudut pandang. Wawancara mendalam dan terstruktur digunakan sebagai cara pengumpulan data, berdasarkan pedoman wawancara yang telah dibuat.

Hasil : Keenam partisipan yang terlibat dalam penelitian, semuanya mengalami stress selama menjalankan program diet yang dianjurkan. Stres yang timbul dan lamanya stres ditentukan oleh berbagai kesulitan yang dialami partisipan selama melaksanakan diet terutama berhubungan dengan jumlah makanan yang harus diukur , pembatasan jenis makanan, pola kebiasaan makan yang salah sebelum sakit serta lamanya menderita diabetes.

Kata kunci  :Stres, diabetes melitus tipe-2, penatalaksanaan diet

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agus Widodo

Perawat / Instalasi Rawat Inap A RSUP Dr.Kariadi Semarang

Additional Files

Published

2013-02-08

How to Cite

1.
Widodo A. Stress Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe-2 Dalam Melaksanakan Program Diet di Klinik Penyakit Dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 8 [cited 2024 Apr. 26];1(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/41

Issue

Section

Original Article

Citation Check