PERBEDAAN KUALITAS HIDUP ANAK DENGAN SINDROM NEFROTIK RESISTEN STEROID DAN SINDROM NEFROTIK RELAPS

Authors

  • Ika Rara Rosita
  • Herumuryawa M

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i1.39

Abstract

Latar belakang : Penderita sindrom nefrotik resisten steroid (SNRS) dan sindrom nefrotik relaps mempunyai frekuensi lebih banyak untuk menjalani rawat inap dan rawat jalan. Hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kualitas hidup anak. Penelitian tentang kualitas hidup anak SNRS dan SN relaps belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan perbedaan antara kualitas hidup anak SNRS dan SN relaps.

Metode : Desain cross sectional pada 35 anak SN (10 SNRS DAN 25 SN relaps ) di klinik Anak  Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang dan kunjungan rumah selama April 2011 sampai Juni 2011. Semua subyek dilakukan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner PedsQL umum dan spesifik penyakit kronik ginjal. Diagnosis SNRS dan SN relaps secara klinis dan penentuan kualitas hidup menggunakan PedsQL .Penentuan Uji normalitas dianalisis dengan Shapiro-Wilk. Uji beda dianalisis dengan t-test tidak berpasangan.

Hasil : Pada SNRS didapatkan skor umum 55,7 (SD 10,59) dan SN relaps 55,6 (SD 13,18) (p=0,986), sedangan pada skor spesifik penyakit kronik ginjal SNRS 53,7 (SD 9,34) dan Sn Relaps 58,7 (SD 13,81) (p=0,299).

Simpulan : Tidak terdapat perbedaan secara statistik tentang kualitas hidup anak SNRS dan SN relaps.

Kata kunci : kualitas hidup, sindrom nefrotik, PedsQ,

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Rara Rosita

Mahasiswa FK UNDIP Semarang

Herumuryawa M

Departemen Kesehatan Anak FK Undip/SMF Kesehatan Anak RSUP Dr.Kariadi Semarang

Additional Files

Published

2013-02-08

How to Cite

1.
Rosita IR, M H. PERBEDAAN KUALITAS HIDUP ANAK DENGAN SINDROM NEFROTIK RESISTEN STEROID DAN SINDROM NEFROTIK RELAPS. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 8 [cited 2024 Apr. 20];1(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/39

Issue

Section

Original Article

Citation Check