Efek Eicosapentaenoic Acid terhadap CD8+ dalam darah pasien kanker payudara stadium III B yang mendapat kemoterapi Cyclophosphamide Adriamycin Fluorouracyl siklus pertama

Authors

  • Rudiyuwono Raharjo
  • Darwito -
  • Edi Dharmana

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i1.40

Abstract

Latar Belakang : Eicosapentaenoic acid (EPA) mempunyai efek sebegai imunomodulator dan meningkatkan status gizi terutama dalam kaitannya dengan tumor kakeksia pada penderita dengan keganasan, Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian eicosapentaenoic acid (EPA) terhadap jumlah sel T CD8+ pasien duktus invasif kanker payudara yang menjalani kemoterapi.

Metode : Penelitian eksperimental pada pasien wanita dengan karsinoma duktus invasif payudara stadium IIIB yang menjalani kemoterapi Cyclophosphamide Adriamycin Fluorouracyl (CAF) siklus I dibagi menjadi 2 kelompok : tanpa pemberian EPA (kontrol) dan diberikan EPA 225 gr/hari selama 21 hari (perlakuan). Jumlah sel T CD8+ dalam darah perifer pasien diukur sebelum dan sesudah 21 hari setelah terapi.

Hasil : Empatpuluh pasien mendapat kemoterapi CAF siklus I, terdiri dari 20 orang kelompok perlakuan dan 20 orang kelompok kontrol. Jumlah sel T CD8+ setelah terapi pada kelompok perlakuan lebih tinggi secara bermakna 1131,7sel/µl (483 – 3506) dibanding kelompok kontrol 631,8 sel/µl (227 – 1616) ( p< 0,05) dan diperoleh selisih jumlah sel T CD8+ yang berbeda bermakna sebelum dan 21 hari setelah kemoterapi pertama pada kedua kelompok penelitian ( p<0,001).

Kesimpulan : Suplementasi EPA meningkatkanjJumlah sel T CD8+ dalam darah perifer pasien karsinoma duktus invasif payudara stadium III B yang dilakukan kemoterapi.

Kata kunci : karsinoma duktus invasif payudara, Eicosapentaenoic acid (EPA), kemoterapi, CD8+

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rudiyuwono Raharjo

Bagian Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro / RSUP Dr Kariadi Semarang Indonesia

Darwito -

Bagian Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro / RSUP Dr Kariadi Semarang Indonesia

Edi Dharmana

Bagian Parasitologi dan Immunologi , Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro / RSUP Dr Kariadi Semarang Indonesia

Additional Files

Published

2013-02-08

How to Cite

1.
Raharjo R, - D, Dharmana E. Efek Eicosapentaenoic Acid terhadap CD8+ dalam darah pasien kanker payudara stadium III B yang mendapat kemoterapi Cyclophosphamide Adriamycin Fluorouracyl siklus pertama. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 8 [cited 2024 Mar. 29];1(1). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/40

Issue

Section

Original Article

Citation Check