Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesehatannya pada Orangtua Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Authors

  • Nisa Alifia Rahmi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
  • Anindita Soetadji Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Diponegoro/RSUP Dr.Kariadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i3.384

Abstract

Latar belakang : Setiap tahun di Indonesia diperkirakan akan lahir 40.000 bayi dengan Penyakit Jantung Bawaan (PJB). Jumlah tindakan bedah dan intervensi non bedah yang dilakukan pada anak PJB menunjukkan kenaikan, namun angka kematian masih tetap tinggi. Orangtua sebagai bagian yang paling dekat dengan anak diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup serta sikap yang mendukung sehingga akan terbentuk perilaku kesehatan yang menunjang perawatan anak dengan PJB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan perilaku orangtua terhadap anak dengan penyakit jantung bawaan

Metode : Penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah orangtua yang mempunyai anak dengan PJB yang datang ke Poliklinik RSUP Dr. Kariadi Semarang bulan Maret–Juni 2010. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner terpimpin yang telah diujicobakan. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman menggunakan SPSS ver 15 for Windows dengan nilai p<0,05.

Hasil : Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30, terbanyak usia 31–40 tahun (53,33%). Pendidikan terbanyak SD (37%), pekerjaan ibu terbanyak adalah ibu rumah tangga (83%). Sumber biaya kesehatan yang banyak digunakan adalah asuransi (jamkesmas dan jamsostek) sebesar 93%. Sebanyak 86,7% responden mempunyai tingkat pengetahuan sedang dan 76,7% responden berperilaku baik. Tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan dengan perilaku orangtua terhadap anak dengan PJB, didapatkan r=0,216.

Simpulan : Pengetahuan tidak berhubungan bermakna dengan perilaku orangtua terhadap anak dengan PJB. Ada faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi perilaku orangtua sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor ini.

Kata kunci : Pengetahuan, perilaku, penyakit jantung bawaan

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-09-26

How to Cite

1.
Rahmi NA, Soetadji A. Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesehatannya pada Orangtua Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2019 Sep. 26 [cited 2024 Apr. 20];1(3):182-6. Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/384

Issue

Section

Original Article

Citation Check