Hubungan Kecemasan dengan Koping Keluarga Pada Pasien Cedera Kepala di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Authors

  • Anna Jumatul Laely RSUP Dr. Kariadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v3i3.385

Abstract

Latar belakang : Masalah psikologis yang sering ditemukan pada keluarga dengan anggota keluarga yang menderita cedera kepala adalah kecemasan. Ketika mengalami kecemasan keluarga menggunakan koping untuk mencoba mengatasinya. Tingkat kecemasan dan koping yang dilakukan pada masing-masing keluarga akan berbeda. Strategi koping yang digunakan keluarga akan dipengaruhi oleh tingkat kecemasan, faktor penyebab kecemasan dan sumber koping. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan koping keluarga pada kasus cedera kepala di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode : Desain yang digumakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasi cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, besar sampel 42 orang. Analisis data untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variable dengan menggunakan uji korelasi Pearson.

Hasil : menunjukkan bahwa tingkat kecemasan keluarga pada kasus cedera kepala cenderung menuju rentang kecemasan berat. Faktor penyebeb kecemasan antara lain kurangnya pengetahuan keluarga, tingginya biaya perawatan dan tidak adekuatnya support sistem. Sumber koping yang adekuat dan stategi koping yang positif mendukung koping keluarga bersifat adaptif. Dari uji korelasi Pearson menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan (p value 0,589) antara tingkat kecemasan dengan koping keluarga pada kasus cedera kepala di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Artinya bahwa tingkat kecemasan yang berat belum tentu menimbulkan keadaan yang maladaptif, hal ini tergantung dari penggunaan koping yang baik dari keluarga.

Simpulan : Dalam memberikan asuhan keperawatan, perawat perlu menggali kecemasan keluarga, membantu memodifikasi koping dan mendiskusikan dengan keluarga untuk menggunakan dan mempertahankan koping yang konstruktif.

Kata kunci : Kecemasan, koping, keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-09-26

How to Cite

1.
Laely AJ. Hubungan Kecemasan dengan Koping Keluarga Pada Pasien Cedera Kepala di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2019 Sep. 26 [cited 2024 Apr. 26];3(3):200-3. Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/385

Issue

Section

Original Article

Citation Check