Tingkat Pengetahuan Pada Mahasiwa Tingkat Akhir FK Undip Tentang Partograf

Authors

  • Gandita Anggoro
  • Julian Dewatingrum
  • Amalia Setiawati

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i2.52

Abstract

Latar belakang : Partograf sebagai alat untuk memantau kemajuan persalinan, akan membantu mendeteksi persalinan abnormal, mencegah partus lama dan partus macet. Pengetahuan partograf harus dimiliki setiap tenaga penolong kesehatan, termasuk dokter. Penilaian pengetahuan partograf perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan mahasiswa kedokteran dalam menangani suatu persalinan, dengan menggunakan partograf. Penilaian tersebut ditujukan terutama pada mahasiswa kedokteran tingkat akhir, sehingga bila didapati hasil yang kurang memuaskan, dapat dilakukan intervensi sebelum mereka lulus menjadi dokter umum.

Metode : Penelitian observasional ini dilakukan dengan pendekatan potong lintang (cross sectional) yang telah dilakukan pada Juni-Juli 2011 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang akan lulus menjadi dokter pada tahun 2011, sebelum mengikuti kepaniteraan komprehensif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling. Sebanyak 97 data responden memenuhi syarat kriteria. Data yang didapat diverifikasi dengan data yang berasal dari bagian akademik FK UNDIP Semarang. Analisis data berupa analisis deskriptif, dengan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik dan presentase tingkat pengetahuan.

Hasil : Pengetahuan mahasiswa kedokteran tingkat akhir mempunyai rata-rata skor pengetahuan 15,74 (±2,23) dari total 20 pertanyaan, dengan presentase pengetahuan partograf adalah 78,7%. Hanya 17 (17,5%) mahasiswa yang dapat menulis dan menerapkan pengetahuan tersebut dengan benar kedalam simulasi kasus pengisian partograf.

Simpulan : Pengetahuan pada mahasiswa kedokteran tingkat akhir tentang partograf sudah baik. Namun masih ada beberapa poin pengetahuan yang belum dipahami oleh mahasiswa. Pengetahuan dalam pengaplikasian partograf ternyata masih kurang.

Kata kunci : partograf, pengetahuan, mahasiswa kedokteran, dokter umum

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-17

How to Cite

1.
Anggoro G, Dewatingrum J, Setiawati A. Tingkat Pengetahuan Pada Mahasiwa Tingkat Akhir FK Undip Tentang Partograf. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 17 [cited 2024 Mar. 29];1(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/52

Issue

Section

Original Article

Citation Check