Pengaruh Operasi Katarak Insisi Lebar Terhadap Sensibilitas Kornea dan Kejadi Dry Eye

Authors

  • Paramastri Arintawati
  • Norma Handojo
  • Siti Sundari Sutedja

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i2.53

Abstract

Latar belakang : Operasi katarak adalah salah satu operasi mata yang bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan dengan tingkat kesuksesan cukup tinggi. Beberapa pasien mengeluhkan gejala dry eye setelah operasi, yang diduga disebabkan karena insisi pada operasi katarak dapat menurunkan sensibilitas kornea yang mengakibatkan dry eye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui derajat penurunan sensibilitas kornea pada penderita pasca operasi katarak dan hubungannya dengan kejadian dry eye.

Metode : Penelitian quasi experiment, one group pre-post test design. Pemeriksaan sensibilitas kornea, Tear Break Up Time (TBUT), tes Schirmer I dan pengecatan rose bengal dilakukan sebelum operasi ekstraksi katarak ekstra kapsuler (EKEK), dan minggu II, bulan I, II dan III pasca operasi.

Hasil : Didapatkan 70 mata, 40 laki-laki (57,1%) dan 30 perempuan (42,9%). Terdapat penurunan sensibilitas kornea yang bermakna antara pre dan pasca operasi pada seluruh kuadran (p<0,001). Terdapat penurunan TBUT yang bermakna antara pre dan pasca operasi (p<0,001). Tes Schirmer I meningkat bermakna pada minggu II pasca operasi dibandingkan pre operasi (p=0,003), kemudian menurun pada bulan II dan III pasca operasi namun penurunan tersebut tidak bermakna (p= 0,438 dan p=0,171). Skor rose bengal meningkat bermakna pada bulan I, II dan III pasca operasi (p= 0,021; 0,032 dan 0,004).

Simpulan : Terdapat penurunan sensibilitas kornea yang bermakna pada penderita pasca operasi EKEK namun tidak berhubungan dengan perubahan hasil uji pemeriksaan dry eye.

Kata kunci: Ekstraksi katarak ekstrakapsuler, sensibilitas kornea,dry eye.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-17

How to Cite

1.
Arintawati P, Handojo N, Sutedja SS. Pengaruh Operasi Katarak Insisi Lebar Terhadap Sensibilitas Kornea dan Kejadi Dry Eye. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 17 [cited 2024 Apr. 20];1(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/53

Issue

Section

Original Article

Citation Check