Gambaran Beban Caregiver Penderita Skizofrenia di Poliklinik Rawat Jalan RSJ Amino Gondohutomo Semarang

Authors

  • Alifiati Fitrikasari
  • Agung Kadarman
  • Widodo Sarjana

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i2.56

Abstract

Latar belakang : Skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat yang perjalanannya berlangsung kronis dan menimbulkan kemunduran. Penderita skizofrenia mempunyai hendaya yang nyata pada taraf kemampuan fungsional sehari-hari, sehingga memerlukan bantuan dan pertolongan dalam memenuhi kebutuhan kehidupannya pada pihak lain (caregiver/carer). Peningkatan peran ini akan menimbulkan konsekuensi, yang akhirnya akan menimbulkan beban perawatan bagi keluarga. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan beban perawatan pada caregiver yang merawat penderita skizofrenia dengan menggunakan instrumen Burden Assessment Schedule (BAS) versi Bahasa Indonesia dan komponen beban perawatan yang paling berpengaruh.

Metode : Merupakan penelitian deskriptif dengan 100 orang caregiver yang merawat penderita lebih dari 2 tahun di Poliklinik Rawat Jalan kelas III dan pasien Jamkesmas Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo Semarang. Responden diwawancara dengan kuesioner terstruktur BAS versi Bahasa Indonesia.

Hasil : Didapatkan nilai skor BAS antara 18 sampai 40, dengan rerata 26,41. Sebanyak 89 responden (89%) merasa terbeban dengan kondisi penderita. Urutan domain yang paling berperan terhadap beban caregiver adalah dampak terhadap perasaan nyaman, beratnya masalah gangguan yang dihadapi, dampak terhadap hubungan dengan orang lain, apresiasi terhadap peran perawatan dan dampak terhadap kualitas hubungan perkawinan. Simpulan : Sebagian besar caregiver menganggap perawatan terhadap anggota keluarga dengan gangguan skizofrenia sebagai beban dan komponen yang paling berperan adalah dampak terhadap perasaan nyaman.

Kata kunci: Beban perawatan, caregiver skizofrenia, instrumen BAS versi Bahasa Indonesia.


Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-17

How to Cite

1.
Fitrikasari A, Kadarman A, Sarjana W. Gambaran Beban Caregiver Penderita Skizofrenia di Poliklinik Rawat Jalan RSJ Amino Gondohutomo Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 17 [cited 2024 Apr. 20];1(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/56

Issue

Section

Original Article

Citation Check