Hubungan Beberapa Faktor Demografi Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pasca Diagnosis Kanker Di RSUP Dr. Kariadi Semareang

Authors

  • Linawati Neny Yunitasari

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i2.58

Abstract

Latar belakang : Kanker pada umumnya dihubungkan dengan penderitaan yang berat, menyedihkan, dan mematikan serta dampak yang sangat luas terhadap penderita maupun keluarganya sehingga dapat menimbulkan kecemasan setelah diagnosis kanker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor usia, pengetahuan, status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, dan jenis kelamin dengan tingkat kecemasan pasca diagnosis kanker.

Metode : Desain penelitian cross sectional pada pasien pasca diagnosis kanker di RSUP Dr. Kariadi Semarang bulan Desember 2008. Kriteria inklusi adalah keganasan berdasarkan hasil patologi anatomi dan mendapat terapi radiasi/kemoterapi 1 kali. Kriteria eksklusi pasien dengan kondisi kritis, mempunyai gangguan jiwa, dan tidak melanjutkan pengobatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Tingkat kecemasan diukur dengan Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS–A) dalam bentuk Anxiety Analog Scale (AAS). Analisis data dengan distribusi frekuensi dan uji bivariat menggunakan uji korelasi non parametric Spearman.

Hasil : Didapatkan 34 subyek terdiri dari laki laki 47,1% dan perempuan 52,9%, sebagian besar berusia di atas 50 tahun. Sebagian besar pasien mempunyai pengetahuan dan tingkat sosial ekonomi rendah, serta tingkat pendidikan menengah. Pengetahuan (p<0,001), status sosial ekonomi (P=0,008), dan tingkat pendidikan (p=0,024) berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien. Sedangkan faktor usia dan jenis kelamin tidak berhubungan dengan tingkat kecemasan.

Simpulan : Pengetahuan, status sosial ekonomi dan tingkat pendidikan berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien.

Kata kunci: Kecemasan, kanker, faktor demografi, RSUP Dr. Kariadi

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-17

How to Cite

1.
Yunitasari LN. Hubungan Beberapa Faktor Demografi Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pasca Diagnosis Kanker Di RSUP Dr. Kariadi Semareang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 17 [cited 2024 Apr. 25];1(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/58

Issue

Section

Original Article

Citation Check