Percutaneous Ballon Mitral Valvuloplasty pada Wanita Hamil 22 Minggu Akibat Mitral Stenosis Berat dengan Penyulit Gagal Jantung Kongestif dan Hipertensi Pulmonal Berat

Authors

  • Charles Limantoro
  • Sodiqur Rifqi
  • Adityana -
  • Intan Suryyana

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i2.60

Abstract

Latar Belakang : Gagal jantung kongestif (GJK) pada wanita hamil merupakan masalah kritis karena tingkat kesakitan dan kematian ibu dan janin yang tinggi. Salah satu penyebab utama GJK adalah stenosis mitral (SM) yang merupakan lesi katup pada penyakit jantung rematik (PJR) yang paling sering dijumpai. Perubahan- perubahan kardiovaskular yang terjadi pada saat kehamilan seringkali memunculkan berbagai gejala dan tanda gangguan katup mitral pada PJR.

Kasus : Seorang wanita 36 tahun, hamil 22 minggu, kehamilan ke-6, dengan keluhan utama sesak napas, dirujuk ke RSUP Dr. Kariadi. Pasien didiagnosis sebagai gagal jantung kongestif (GJK) NYHA IV, dengan hipertensi pulmonal (HP) berat, stenosis mitral (SM) sedang-berat et causa PJR. Dilakukan Percutaneous Balloon Mitral Valvuloplasty (PBMV) untuk meringankan gejala gagal jantung dan mengurangi derajat HP dan Trans Esophageal Echocardiography (TEE) untuk memastikan ada atau tidak adanya thrombus di LAA dan mitral regurgitasi. Hasil TEE didapatkan PJR dengan SM sedang-berat, trikuspid regurgitasi sedang-berat, aortic regurgitasi ringan dan HP berat.

Diskusi : Perkembangan baru dalam penanganan penyakit katup meliputi Percutaneous Balloon Mitral Valvuloplasty (PBMV) untuk stenosis mitral. Penggunaannya pada pasien hamil harus diperhitungkan dengan matang, untuk memastikan kelangsungan hidup ibu dan meningkatkan kesejahteraan janin. Untuk penatalaksanaan mitral stenosis pada kehamilan dibutuhkan informasi mengenai derajat dan beratnya penyakit serta komplikasi yang terjadi pada penderita.

Simpulan : Percutaneous Balloon Mitral Valvuloplasty dapat dilakukan pada wanita hamil dengan GJK dan hipertensi pulmonal dengan mempertimbangkan derajat penyakit, komplikasi dan penyulit lainnya .

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-02-17

How to Cite

1.
Limantoro C, Rifqi S, - A, Suryyana I. Percutaneous Ballon Mitral Valvuloplasty pada Wanita Hamil 22 Minggu Akibat Mitral Stenosis Berat dengan Penyulit Gagal Jantung Kongestif dan Hipertensi Pulmonal Berat. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Feb. 17 [cited 2024 Apr. 26];1(2). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/60

Issue

Section

Original Article

Citation Check