Asosiasi Genotip Apolipoprotein E dengan Keluaran Pasien Pasca Stroke Iskemik

Authors

  • Everhardus Sebastian
  • Endang Kustiowati
  • Noorwijayahadi -

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i3.66

Abstract

Latar belakang : Gen Apolipoprotein E (ApoE) diduga mempunyai peranan dalam kepekaan kejadian dan keluaran stroke. ApoE berperan dalam plastisitas susunan saraf pusat dengan melindungi dan memperbaiki neuron secara langsung maupun melalui protein yang dibentuknya. Alel ApoE ?4 memiliki kadar kolesterol plasma yang lebih tinggi serta kurang efektif dalam memproteksi neuron dari proses inflamasi dibandingkan alel ApoE ?2 dan ?3. Hubungan antara genotip ApoE dan keluaran fungsional pada pasien stroke iskemik masih kontroversi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya asosiasi antara alel genotip ApoE dan faktor risiko stroke dengan keluaran pada pasien pasca stroke iskemik.

Metode : penelitian belah lintang dari bulan April – Juni 2012 dengan pengambilan sampel secara konsekutif sebanyak 34 pasien pasca stroke iskemik di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Dilakukan anamnesis, pemeriksaan status neurologis dengan NIHSS, pemeriksaan laboratorium darah serta pemeriksaan genotip ApoE dengan metode PCR-RFLP. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan pengolah data statistik.

Hasil : Tidak didapatkan asosiasi antara genotip ApoE dengan skor NIHSS. Terdapat asosiasi antara umur, kadar kolesterol total dengan skor NIHSS (p<0,05)

Simpulan : Tidak didapatkan asosiasi antara genotip ApoE dengan keluaran pasien pasca stroke iskemik.

Kata kunci : Genotip ApoE, Skor NIHSS, Stroke Iskemik

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-08-22

How to Cite

1.
Sebastian E, Kustiowati E, - N. Asosiasi Genotip Apolipoprotein E dengan Keluaran Pasien Pasca Stroke Iskemik. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Aug. 22 [cited 2024 Mar. 29];1(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/66

Issue

Section

Original Article

Citation Check