Pelaksanaan Terapi Bermain oleh Mahasiswa Profesi Ners di Bangsal Perawatan Anak RSUP Dr . Kariadi Semarang

Authors

  • Endang Fatmawati
  • Amin Samiasih
  • Pawestri -

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i3.71

Abstract

Latar belakang : Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses berkesinambungan dari janin sampai dewasa dan proses itu membutuhkan stimulasi agar tercapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu stimulasi yang dapat diberikan adalah bermain. Kegiatan bermain seharusnya di berikan pada setiap anak, baik sehat maupun yang sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit. Ketika anak di rawat di rumah sakit, perawat maupun mahasiswa keperawatan sangat berperan dalam memberikan asuhan keperawatan tanpa mengabaikan kebutuhan anak untuk bermain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan terapi bermain oleh mahasiswa profesi Ners di ruang C1L2 RSUP Dr Kariadi Semarang.

Metode : Jenis penelitian diskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan pengamatan, kuesioner, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terarah. Subyek adalah mahasiswa profesi Ners yang belajar di ruang C1L2 RSUP Dr. Kariadi, yang diambil dengan teknik purposive sample.

Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa profesi Ners kurang menguasai materi, tetapi terampil dalam melaksanakan terapi bermain sesuai satuan angka pembelajaran (SAP) dan standar prosedur operasional (SPO). Kegiatan terapi bermain yang kurang dipersiapkan dengan baik akan menghambat dalam pelaksanaan terapi bermain, untuk itu diperlukan supervisi oleh pembimbing akademik dan pembimbing klinis. Diperlukan rekomendasi untuk yang dapat dipakai sebagai acuan dan pengembangan pelaksanaan terapi bermain.

Simpulan : Mahasiswa profesi Ners kurang menguasai materi terapi bermain, walaupun trampil dalam melaksanakannya.

Kata kunci : Terapi Bermain, mahasiswa Profesi Ners, Bangsal Perawatan Anak

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-08-24

How to Cite

1.
Fatmawati E, Samiasih A, - P. Pelaksanaan Terapi Bermain oleh Mahasiswa Profesi Ners di Bangsal Perawatan Anak RSUP Dr . Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Aug. 24 [cited 2024 Apr. 27];1(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/71

Issue

Section

Original Article

Citation Check