Tindakan Keperawatan yang Diterima Pasien Preoperatif di Bangsal Bedah RSUP Dr . Kariadi Semarang

Authors

  • Nanang Qosim

DOI:

https://doi.org/10.36408/mhjcm.v1i3.73

Abstract

Latar belakang : Persiapan preoperasi sangat diperlukan karena kesuksesan suatu tindakan pembedahan berawal dari kesuksesan persiapan yang dilakukan selama tahap persiapan. Kesalahan yang dilakukan pada saat tindakan preoperatif apapun bentuknya dapat berdampak pada tahap-tahap selanjutnya.

Metode : Desain yang digunakan diskriptif dengan pendekatan survey, besar sampel 60 orang. Penelitian dilakukan bulan Maret–April 2011. Kriteria inklusi adalah responden kondisi sadar dan sehat jiwa. Alat yang digunakan berupa kuesioner (angket) yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas. Hasil baik apabila kuantitas 76% atau >25% tindakan keperawatan/4 aspek. Hasil cukup apabila kuantitas 60–75% atau 20–25% tindakan keperawatan/3–4 aspek. Hasil kurang apabila kuantitas <60% atau<20% tindakan keperawatan/<3 aspek. Analisis data secaraunivariat

Hasil : Aspek informed consent, persiapan penunjang, persiapan anestesi, dan premedikasi dilakukan dengan baik dengan prosentase lebih dari 76%. Aspek psikis dan aspek fisik khususnya pada sub aspek latihan praoperasi yang diterima responden adalah kurang <60 %. Sub aspek personal hygiene tindakan yang diterima responden adalah cukup (71%).

Simpulan : Tindakan keperawatan pada aspek informed consent, persiapan penunjang, persiapan anestesi dan premedikasi adalah baik. Tindakan keperawatan pada sub aspek personal hygiene adalah cukup. Pada sub aspek latihan praoperasi dan persiapan psikis adalah kurang.

Kata kunci : Tindakan keperawatan, preoperatif

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2013-08-24

How to Cite

1.
Qosim N. Tindakan Keperawatan yang Diterima Pasien Preoperatif di Bangsal Bedah RSUP Dr . Kariadi Semarang. Medica Hospitalia J. Clin. Med. [Internet]. 2013 Aug. 24 [cited 2024 Mar. 29];1(3). Available from: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahospitalia/index.php/mh/article/view/73

Issue

Section

Original Article

Citation Check