Hingar bingar pilpres 2019 masih terasa, namun demikian semangat menulis dan melakukan penelitian tetap membara. Sejalan dengan semangat itu, Medica Hospitalia : Journal of Clinical Medicine juga berbenah menuju sebuah jurnal terakreditasi, baik dalam lingkup manajerial maupun materi didalamnya.

Jurnal ini tetap memiliki komitmen untuk manampung, melakukan telaah, dan menerbitkan hasil penelitian yang berkualitas. Pada gilirannya nanti, menjadi jurnal yang setara dan memiliki daya ungkit dalam meningkatkan minat dan kemampuan melakukan penelitian klinis.

Penelitian di lingkungan Rumah sakit merupakan hal yang selayaknya lebih berkembang. Kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran tidak dapat lagi dibendung, sehingga masyarakat kedokteran harus mampu mengimbangi dan ikut mengembangkannya dalam aktivitas pelayanan kedokteran sehari-hari.

Dalam edisi ini, topik-topik yang bervariasi dan memenuhi kaidah-kaidah penelitian diharapkan mampu membuka lebih luas wawasan keilmuan, serta mendorong minat melakukan penelitian. Laporan kasus merupakan salah satu bentuk tulisan ilmiah yang dapat dipakai sebagai salah satu parameter kemajuan teknologi kedokteran, khususnya dengan penekanan dalam hal diagnostik maupun penatalaksanaan sebuah kasus. Kembali lagi pada hakekat sebuah penelitian, akan lebih bermanfaat bila dipublikasikan.

Mari meneliti.

 

Editor

Published: 2019-05-15

Original Article