Akhir-akhir ini kembali dunia kedokteran mengalami dinamika yang hebat. Dengan berita yang keluar dari gedung Mahkamah Konstitusi (MK), tak pelak membuat sebagian praktisi kedokteran merasa gamang. Beberapa upaya mediasi dan sosialisasi serta diskusi seputar keputusan MK dilakukan sebagai bentuk respon sekaligus memperdalam pemahaman terhadap materi Perundang-undangan, serta langkah-langkah antisipasi dalam dunia kedokteran.

Dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang penyelenggaraannya berpusat pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mau tidak mau para praktisi kesehatan harus lebih meningkatkan kualitas dan keterampilannya, serta fleksibel menempatkan diri di antara kepentingan masyarakat, perkembangan teknologi, arus globalisasi, dan peraturan hukum. Setiap orang yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan wajib hukumnya untuk mendalami dan menguasai tentang hal-hal tertentu yang berkaitan dengan kompetensinya.

Salah satu upaya kesehatan yang dilakukan dalam lingkup Rumah Sakit adalah pelayanan kuratif. Pelayanan ini dapat dilakukan dalam tingkat rawat jalan, rawat inap bahkan dalam pelayanan tingkat 3 (pelayanan intensif). Pelayanan intensif di RSUP dr.Kariadi sudah mencakup sampai pelayanan penyakit kritis (critically ill). Hal ini diungkap pada edisi kali ini. Termasuk didalamnya yang berkaitan dengan infeksi dan pengelolaan gizi pasien-pasien yang dirawat di unit perawatan intensif.

Beberapa tulisan yang menarik yang berasal dari ajang lomba penulisan karya ilmiah dan penelitian dengan dana hibah pada edisi ini, mencerminkan adanya semangat menulis dan meneliti yang semakin meningkat. Hasil tulisan tersebut sangat bermanfaat dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit meskipun secara pasti dapat terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran

Kembali pada benang merah bahwa hasil penelitian selayaknya dipublikasikan, agar setiap pembaca mempunyai ide untuk menerapkannya atau bahkan mengembangkannya dalam penelitian lain. Selamat menulis.

 

Editor

Published: 2014-11-09

Original Article