Current Issue

Vol 7 No 1 (2020): Med Hosp; Mei 2020

Editorial

Dewasa ini, hampir mayoritas aktivitas di belahan dunia manapun berkutat dengan pandemi Covid-19. Sebuah fenomena yang mencengangkan yang mempengaruhi banyak aspek kehidupan, baik ekonomi, kependudukan, dan khususnya dunia kesehatan. Gebrakan makhluk tak kasat mata ini segera mendunia dengan segala macam kontroversinya, meski diakui adanya perbaikan kondisi bumi akibat pembatasan aktivitas penghuninya.

Teori-teori mulai bermunculan, penelitian pun banyak dilakukan untuk mengetahui perangai virus tersebut. Fenomena ini sangat kental dalam bidang kedokteran, menggunakan teknologi yang ada, yang bisa jadi jarang dilakukan pada waktu sebelum ini. Contoh paling sederhana adalah penggunaan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), makin membuka mata bahwa pemanfaatan teknologi biologi molekuler akan semakin berkembang.

Bagaimana dengan tugas kita dalam mengembangkan penelitian di negeri ini? Pendapat bahwa penelitian harus menggunakan teknologi terkini dan canggih, merupakan salah satu penghalang minat dan potensi seorang peneliti. Kondisi apapun dapat digunakan sebagai modal awal ide melakukan penelitian, selanjutnya diramu dalam metode penelitian yang benar dan memadai, akan menghasilkan data yang bermanfaat untuk menyusun sebuah simpulan. Kembali dalam situasi saat pandemi ini, akan ada banyak data yang bisa didapat meski tidak menggunakan peralatan yang mahal.

Namun demikian, apapun bentuk dan bagusnya sebuah penelitian, tidak akan bermanfaat bila tidak dipublikasikan. Dengan kata lain, pandemi Covid-19 ini justru harus memacu semangat dalam berkarya. Bukankan salah satu tugas kita adalah memberikan sumbangan kepada dunia ilmu pengetahuan?

Tetap bersemangat.

 

Editor

Published: 2020-05-19

Original Article

View All Issues

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine (P-ISSN: 2301-4369; e-ISSN: 2685-7898 ) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan RSUP Dr Kariadi dan menerima artikel ilmiah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang diharapkan dapat menjadi media untuk menyampaikan temuan dan inovasi ilmiah dibidang kedokteran atau kesehatan kepada para praktisi dan akedemisi di bidang kesehatan dan kedokteran.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine  merupakan jurnal kesehatan yang terbit setiap Mei dan November mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan bidang kedokteran/ kesehatan yang berbasis klinis khususnya Rumah Sakit.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine sudah terindeks Google Scholar

DOI Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine : http://doi.org/10.36408/mhjcm