Current Issue

Vol 7 No 2 (2020): Med Hosp; Nov 2020

Setelah lebih dari 8 bulan berkutat dalam pandemi global akibat COVID 19, aktivitas kehidupan mulai menggeliat dalam segala segi. Salah satu yang tidak pernah berhenti bergerak adalah perkembangan ilmu pengetahuan. Khususnya dalam dunia kedokteran, selalu diwarnai dengan bermacam variasi kasus yang dapat diolah dan dikemas dalam bentuk penelitian, bahkan berpotensi menumbuhkan simpulan dan teori baru.

Banyak penelitian yang dilakukan dalam lingkup kedokteran, sebagian besar bersifat penelitian tentang hal-hal kuratif, termasuk di dalamnya adalah prosedur diagnostik. Hal tersebut menjadi wajar karena sebagian besar penulis berasal dari lingkungan rumah sakit. Hal itu sejalan dengan visi jurnal ini diterbitkan yaitu untuk membantu para klinisi dalam publikasi hasil penelitian yang berkualitas. Hasil penelitian akan bisa diketahui klinisi lain bila dipublikasikan. Pada gilirannya nanti, akan muncul hasil-hasil penelitian terkini dan berkualitas yang selanjutnya mampu membantu pengembangan dunia kedokteran.

Dalam jenjang pendidikan tertentu, salah satu hakekat keberhasilan proses pendidikan adalah munculnya hasil karya berupa karya tulis dan pada umumnya adalah hasil penelitian. Kondisi ini sangat mungkin dikembangkan dalam suatu institusi pendidikan, terlebih pada institusi yang memiliki dukungan sarana dan prasarana yang cukup. Pada dasarnya, menerapkan kaidah penelitian yang benar, akan menghasilkan penelitian yang baik. Efek posistif sebuah penelitian adalah kemampuan hasil peneltian tersebut untuk diterapkan dalam praktek sehari-hari.

Data yang diperoleh dalam layanan klinik dan pre klinik, baik menggunakan cara sederhana maupun teknik yang sulit, sudah sering dilakukan di rumah sakit atau laboratorium yang ada. Pemeriksaan darah rutin sampai imunohistokimia, dapat dijumpai dalam jurnal kali ini. Ini menunjukkan bahwa banyak penelitian yang mampu laksana. Selanjutnya, hanya perlu memberi kesempatan agar hasilnya dapat dipublikasikan.

Mari menulis

Published: 2020-11-27

Original Article

Case Report

View All Issues

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine (P-ISSN: 2301-4369; e-ISSN: 2685-7898 ) is a scientific journal published by RSUP Dr Kariadi and accepts articles written in both English and Indonesian expected becoming a media conveying scientific inventions and innovations in medical or health allied fields toward practitioners and academicians.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine is regarding medical/health allied aspects which is clinical-based particularly hospital.

Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine is indexed at Google Scholar

DOI Medica Hospitalia: Journal of Clinical Medicine : http://doi.org/10.36408/mhjcm