Berbeda dengan edisi terdahulu yang lebih banyak menggunakan fasilitas pemeriksaan penunjang dalam menyusun sebuah penelitian, edisi saat ini lebih banyak memunculkan penelitian yang bersifat referensi klinis. Dengan metoda penelitian yang tepat. Sebuah penelitian dapat dilakukan dengan biaya yang tidak mahal. Kunci utamanya adalah validitas data. Hal ini menunjukkan adanya rentang variasi sumber data yang sangat besar dalam improvisasi menyusun sebuah penelitian.

Penelitian epidemiologi terutama epidemiologi sosial dapat menghasilkan suatu simpulan yang dapat menyumbangkan manfaat dalam pengembangan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian semacam ini dapat dilakukan di dalam lingkungan Rumah Sakit ataupun di luar Rumah Sakit. Alhasil, luaran penelitian juga menjadi semakin kaya.

Edisi kali ini mulai menampilkan peningkatan penelitian bersifat laporan kasus. Hal ini merupakan sebuah perkembangan yang menggembirakan, mengingat begitu banyak kasus         di lingkungan Rumah Sakit ataupun di tempat lain, yang dapat dikemas dan disampaikan, sehingga dapat menjadi acuan dalam hal menegakkan diagnosis ataupun tata laksananya.

 

Editor

Published: 2018-11-09

Original Article