Teknologi ilmu kesehatan dan kedokteran berkembang dengan sangat pesat. Berawal dari bacaan text book menjadi teknologi aplikasi yang bermanfaat dalam pelayanan terhadap pasien. Permasalahan yang dihadapi saat ini tentunya berkaitan dengan banyak hal, salah satunya adalah energi finansial. Bagaimanapun, perkembangan tersebut nenuntut bahan bakar yang optimal bila belum bisa disebut maksimal.

Berkaitan dengan sistem pembiayaan kesehatan di Indonesia saat ini, sistem Jaminan Kesehatan Nasional, sedikit banyak membawa pengaruh dalam jenis pelayanan kesehatan pada level tertentu. Namun demikian, perkembangan ilmu tidak akan dapat dibendung. Kreatifitas tenaga kesehatan justru harus meningkat dalam menyerap ilmu bahkan dalam mengembangkan teknologi. Terbukti dengan banyaknya artikel ilmiah yang disusun dan diterbitkan.

Medika Hospitalia: Journal of Clinical Medicine, saat ini menantikan hasil penilaian akreditasi jurnal ilmiah, berdasar kriteria Dikti, telah menerima berbagai macam artikel dari berbagai macam disiplin ilmu, Banyak artikel yang akan sangat bermanfaat bila dapat dipublikasikan dengan baik.

Lebih jauh lagi, perkembangan ilmu dan teknologi yang saat ini ada di luar negeri jelas-jelas juga dapat diterapkan di dalam negeri ini berdasar hasil penelitian yang disampaikan ke meja redaksi jurnal ini. Hal ini membuktikan bahwa dalam segala keterbatasan, Bangsa Indonesia tetap memiliki inovasi, kreasi, improvisasi, bahkan prestasi yang harus dibanggakan.

Mari menulis.

 

Editor

Published: 2019-11-25

Original Article