Selamat bergabung kembali dengan Jurnal Kedokteran Medica Hospitalia. Kali ini dalam edisi khusus berkaitan dengan pandemi Covid-19, dengan materi yang seluruhnya terkait dengan Covid-19.

Pandemi ini mengubah banyak hal, termasuk kemungkinan kebersamaan dan interaksi antar manusia bila dibandingkan kondisi sebelum Februari 2020. Pada satu sisi, terdapat kekhawatiran tentang penyebaran virus yang begitu cepat, pada sisi yang lain memacu sifat dasar manusia untuk bertahan dan bahu membahu untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Fenomena yang sangat bermakna dalam perubahan global di seluruh dunia yang mengharuskan setiap manusia mengikuti pola dan kebiasaan yang baru.

Pada edisi ini, terdapat artikel-artikel yang inovatif, meskipun dalam kondisi baru yang serba terbatas, namun demikian tidak menyurutkan semangat penelitian dan jiwa menulis. Sebagai insan akademisi sekaligus sebagai praktisi klinik, keterbatasan berupa ancaman dalam kesehatan dan berkurangnya jumlah pasien bukan suatu yang dapat menumpulkan kemampuan berkarya. Penelitian justru semakin banyak dan berkualitas, baik yang berupa laporan kasus, telaah artikel maupun peneltian asli. Semuanya ditujukan untuk membangun kejayaan umat manusia melalui ilmu pengetahuan.

Pembaharuan dalam proses pengelolaan artikel  dalam jurnal ini juga mengalami perbaikan. Hal ini diharapkan lebih memacu proses pembelajaran, pendidikan, dan jejaring antar peneliti, sekaligus memperluas kesempatan untuk mendukung publikasi ilmiah.

Pada kesempatan ini pula, perasaan duka yang mendalam juga disampaikan kepada setiap keluarga yang mengalami kehilangan orang-orang yang dikasihi akibat pandemi ini. Demikian pula, perasaan bangga ditujukan kepada setiap orang yang sudah dan selalu setia menjadi pegawal terdepan dalam perjuangan melawan kondisi global ini.

Tetaplah berkarya.

Editor

Published: 2020-08-31

Original Article

Case Report

Review Article